Nikmati Aktivitas dan Suasana Pedesaan yang Masih Asri di Desa Wisata Kampung Baselang, Bakung Jaya

Novi
Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua beserta rombongan, mengunjungi Desa Wisata Kampung Baselang Bakung Jaya, Kota Jambi, Jambi. Foto: Kemenparekraf RI

Kelurahan Bakung Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi, merupakan Kelurahan yang berada di wilayah Timur Kota Jambi. Secara geografis, Kelurahan Bakung Jaya Kecamatan Paal Merah berbatasan langsung dengan Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.

Keberadaan Kampung Baselang di Kelurahan Bakung Jaya telah banyak menarik minat orang luar untuk berkunjung ke Kelurahan Bakung Jaya hanya untuk sekadar merasakan suasana hidup di kampung dengan berbagai macam aktivitas masyarakatnya, dimana sebagian besar masyarakat Bakung Jaya berkebun dan bertanam sayur-sayuran dengan memanfaatkan pekarangan di sekitar rumah mereka. Hal ini sangat menarik untuk bisa dikembangkan sebagai objek agrowisata dan budaya.

Selain sebagai sentra pertanian sayur-sayuran di Kota Jambi, Kelurahan Bakung Jaya juga memiliki potensi di bidang seni budaya yang sudah mengakar di masyarakat Bakung Jaya, salah satunya seni Kompangan yang selalu hadir di setiap prosesi resepsi pernikahan warga Kota Jambi. Sebagai pengiring pengantin menuju pelaminan. Hampir di seluruh RT di Kelurahan Bakung Jaya, mempunyai grup Kompangan sendiri.

Selain Kompangan, ada juga kesenian hadroh yang selalu tampil di setiap perayaan-perayaan keagamaan.


Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua berfoto dengan salah satu pelaku UMKM di bidang kuliner. Foto: Kemenparekraf RI

 

Desa Wisata Kampung Baselang Bakung Jaya memiliki batik khas Jambi, batik bermotif khasanah Melayu Jambi yang dibuat dengan teknik cap atau tulis. Ada pula kebaya khas Jambi, kebaya bermotif jahitan khas Jambi.

Untuk suvenir kriya, mereka memiliki kaligrafi, ukiran yang terbuat dari upih (pelepah) pinang dengan pewarnaan mengikuti warna dasar upih pinang. Juga ada peci pelepah pinang, peci yang terbuat dari upih pinang serta tas pelepah pinang yang juga terbuat dari upih pinang.

Ada pula case pelepah pinang, case untuk handphone terbuat dari pelepah pinang dan tempat tissue terbuat dari pelepah pinang.

Uniknya, disediakan pula paket “wisata belajar nyiar radio”. Paket edukasi yang mengajak pengunjung untuk merasakan langsung cara menyiarkan radio.

Desa Wisata Kampung Baselang Bakung Jaya dapat ditempuh via jalur udara melalui Bandara Jakarta Soekarno Hatta (CGK) - Bandara Jambi Sultan Thaha (DJB) selama 1 jam 15 menit. Dilanjutkan via jalur darat menuju lokasi Desa Wisata Kampung Baselang Bakung Jaya dengan menggunakan mobil selama 15 menit. 

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network