Wakil Wali Kota Depok Tinjau Lokasi Banjir, Siapkan Langkah Antisipasi

Rivalino
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono didampingi Kepala Dinas PUPR, Citra Indah Yulianti meninjau wilayah terdampak banjir di RW 10 Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Jumat (01/12/23). (Foto: Diskominfo Depok)

DEPOK, iNewsDepok.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, meninjau dua lokasi banjir di permukiman warga, Jumat (01/12/2023). Kedua lokasi tersebut adalah RT 07 RW 10 Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, dan RW 06 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong.

Dalam tinjauannya, Imam didampingi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok.

Imam mengatakan, banjir yang terjadi di dua lokasi tersebut disebabkan oleh volume air hujan yang cukup besar yang terjadi beberapa hari ini. Akibatnya, air masuk ke dalam rumah warga yang berada di sekitar dua lokasi tersebut.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk segera melakukan penanganan. Kami juga akan berkoordinasi dengan Tagana dan PMI untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak," kata Imam, dilansir dari laman resmi Pemkot Depok, Sabtu (2/12/2023).

Imam menjelaskan, pihaknya akan melakukan beberapa langkah untuk mengintervensi masalah banjir tersebut. Pertama, intervensi infrastruktur dengan memperbaiki material yang rusak seperti drainase.

Kedua, membuat embung untuk tempat penampungan air hujan. Embung akan menyimpan air di musim hujan, kemudian airnya dapat dimanfaatkan pada musim kemarau atau saat kekurangan air.

"Ketiga, kami akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang sembarangan dapat menyumbat saluran air dan menyebabkan banjir," jelas Imam.

Imam juga mengimbau kepada warga untuk segera melaporkan kepada pihak berwenang jika terjadi banjir di wilayahnya. Hal ini agar penanganan dapat segera dilakukan.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network