42% Korban Pinjol adalah Guru, ZapfinancePeduliGuru Edukasi Literasi Keuangan di 7 Kota Pulau Jawa

Novi
Ki-ka: Ayank Irma-Founder & Psikolog anak, remaja, dan keluarga @ruangtumbuh.id dan Hapsari Ghozie-CEO & Principal Consultant @zapfinance. Foto: Novi

JAKARTA, iNewsDepok.id - Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebanyak 42% korban pinjol (pinjaman online) ilegal, berprofesi sebagai guru.

Data pun menunjukan bahwa pada saat ini, gaji guru di Indonesia paling rendah dibandingkan dengan negara tetangga seperti: Singapura, Thailand, Filipina, dan Malaysia.

Banyak kasus menunjukan, lilitan utang pinjol ini sangat berdampak pada kesehatan mental seseorang yang menyebabkan penurunan produktivitas, depresi hingga bunuh diri. Padahal, peran guru sangat penting dalam usaha mencerdaskan bangsa.

Ditegaskan Ayank Irma, Founder & Psikolog anak, remaja, dan keluarga @ruangtumbuh.id, “Kesehatan mental para guru di sekolah akan memengaruhi proses belajar mengajar yang tentu saja akan memiliki dampak langsung terhadap para murid di sekolah. Oleh karena itu, penting juga memahami literasi kesehatan mental bagi para guru, karena seringkali permasalahan keuangan yang dialami para guru, memiliki dampak psikologis yang signifikan bagi setiap orang di lingkungan sekolah.” 

Peduli pada nasib para guru, dalam rangka merayakan hari ulangtahunnya (19 November 2023) yang ke-14 dan bersamaan dengan peringatan Hari Guru Nasional 25 November, Zapfinance, firma perencanaan keuangan independen terkemuka di Indonesia yang telah berdiri sejak 2009, tergerak untuk menggelar rangkaian acara bertajuk #ZapfinancePeduliGuru demi membantu meningkatkan dan mensosialisasikan literasi keuangan di kalangan guru.

"Rangkaian kegiatan #ZapfinancePeduliGuru dimulai pada 24 November 2023 sebagai rangkaian Roadshow De’Java ke 7 kota di Pulau Jawa, diantaranya; Kota Sleman DIY, Semarang Jateng, Gunung Kaler-Banten, Depok, Bekasi, Bogor Jawa Barat, dan Webinar Nasional untuk berbagai guru secara online dipusatkan dari DKI Jakarta oleh lebih dari 500 guru," terang Prita Hapsari Ghozie, CEO & Principal Consultant @zapfinance. 

Buku Saku "Perencanaan Keuangan Dasar, Seri: Guru dan Lingkungan Sekolah"

Dalam kesempatan ini juga diluncurkan Buku Saku "Perencanaan Keuangan Dasar, Seri: Guru dan Lingkungan Sekolah". Buku saku ini akan dibagikan kepada para guru dalam bentuk e-book.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network