Makin Bertambah, Ada 1.100 Anak Indonesia Terkena Diabetes

Marsaulina Lumbanraja
Ilustrasi Anak Terkena Diabetes. Foto: Istimewa

 

Data Diabetes Anak di Indonesi

Menurut data dari Changing Diabetes in Children (CDiC), sebuah program yang didukung oleh Yayasan Tahija dan Novo Nordisk untuk membantu anak-anak dengan diabetes di Indonesia, saat ini ada sekitar 1.100 anak yang terdata menderita diabetes. Dari jumlah tersebut, hampir 90 persen merupakan diabetes tipe 1 dan sisanya diabetes tipe 2.

Data ini menunjukkan bahwa diabetes tipe 1 merupakan masalah kesehatan yang serius bagi anak-anak di Indonesia. Diabetes tipe 1 dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti hipoglikemia (kadar gula darah terlalu rendah), ketoasidosis (penumpukan asam di dalam darah), gangguan pertumbuhan, gangguan perkembangan, dan kerusakan organ vital.

Anak-anak dengan diabetes tipe 1 membutuhkan perawatan yang intensif dan berkelanjutan, seperti pengukuran gula darah, suntikan insulin, diet seimbang, dan aktivitas fisik. Namun, banyak anak-anak yang tidak mendapatkan perawatan yang memadai, baik karena kurangnya kesadaran, akses, maupun biaya.

Upaya Penanggulangan Diabetes Anak di Indonesia

Untuk menanggulangi masalah diabetes anak di Indonesia, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah, organisasi, dan masyarakat. Berikut adalah beberapa contoh upaya penanggulangan diabetes anak di Indonesia:

  • Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Bagi Penderita Diabetes Mellitus. Peraturan ini mengatur tentang standar pelayanan, rujukan, pembiayaan, dan pengawasan bagi penderita diabetes, termasuk anak-anak .
  • Organisasi seperti CDiC, Yayasan Diabetes Indonesia (YDI), dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah melakukan berbagai program untuk membantu anak-anak dengan diabetes, seperti penyediaan obat dan alat, pendidikan dan pelatihan, konseling dan dukungan, serta advokasi dan kampanye   .
  • Masyarakat, terutama orang tua dan keluarga, telah berperan aktif dalam merawat dan mendukung anak-anak dengan diabetes, seperti mengikuti program-program yang diselenggarakan oleh organisasi, membentuk komunitas dan jejaring, serta berbagi pengalaman dan informasi.

    Editor : M Mahfud

    Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network