Kunjungan Wisatawan Mancanegara Meningkat, per Agustus Capai 1 Juta Kunjungan

Elsa P Lumbantoruan
Kunjungan wisatawan mancanegara meningkat, per Agustus 2023 capai 1.132.638 kunjungan. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Indonesia capai angka 1 juta kunjungan wisatawan mancanegara. Angka wisatawan mancanegara per Agustus 2023 capai 1.132.638 kunjungan. Sementara total angka wisatawan mancanegara dari bulan Januari-Agustus capai 7.443.260 kunjungan. 

Diketahui kunjungan wisatawan mancanegara pada bulan Agustus 2023 meningkat 1,02 persen dibanding Juli 2023, meningkat 68,92 persen dibanding Agustus 2022, dan meningkat 166,12 persen dibanding Januari-Agustus 2022.

Sementara itu negara dengan kunjungan wisatawan mancanegara terbanyak per Agustus 2023 adalah Malaysia (174.788), Australia (129.063), dan Singapura (105.456).

Dilansir dari unggahan akun instagram @kemenparkeraf.ri, ada publikasi dan peluncuran berbagai acara di Indonesia yang dapat meningkatkan kualitas wisata dan membantu UMKM di Indonesia. Misalnya Publikasi Pameran Franchise & License Expo Indonesia ke-21 (FLEI XXI), WonderVerse Indonesia, Indonesia Health Tourism Exchange Forum 2023, dan Safety 1000 Training Extravaganza

Publikasi Pameran FLEI XXI adalah pameran usaha waralaba, lisensi, kemitraan dan peluang usaha untuk mempromosikan peluang usaha serta UMKM Indonesia di sektor makanan,  minuman, retail, binatu, kecantikan, kesehatan, pendidikan, minat, hobi, dan lainnya. Acara ini diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), pada 13-15 Oktober 2023. 

WonderVerse adalah konsep pariwisata virtual agar turis dapat menjelajahi destinasi-destinasi super prioritas di Indonesia dengan teknologi. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkeraf) berkolaborasi dengan PT. Magnus Digital Indonesia dalam pengembangan WonderVerse Indonesia. Diharapkan WonderVerse memungkinkan pelaku ekonomi melakukan promosi produk secara digital.

Indonesia Health Tourism Exchange Forum 2023 adalah Wisata Kesehatan Indonesia yang kembangkan oleh Kemenparkeraf dan Kemenkes sejak tahun 2015. Indonesia Health Tourism Exchange Forum 2023 telah diselenggarakan pada Selasa, 10 Oktober 2023 di Jakarta. Event ini diselenggarakan untuk memperkuat ekosistem Wisata Kesehatan Indonesia, yang mempertemukan health provider dengan tourism provider untuk melakukan kontak dan kontrak bisnis.

Sedangkan Safety 1000 Training Extravaganza adalah program Pelatihan Pertolongan Pertama Pemberian Oksigen yang diinisiasi oleh Kemenparkeraf bersama dengan DAN (Divers Alert Network). Hal ini menjadi rangkaian upaya meningkatkan kualitas wisata selam di Indonesia. 

"Sekarang kita ada dalam satu transisi di mana digitalisasi mendorong transformasi. Hadirnya platform baru ini adalah untuk mengangkat promosi pariwisata dan juga bagaimana ekonomi kreatif bisa kita tingkatkan dengan perkembangan teknologi," ujar Sandiaga Uno.

Sementara masyarakat Kampung Adat Balik, Kalimantan Timur meminta pemerintah untuk mengembangkan sejumlah lokasi yang berpotensi untuk menjadi destinasi desa wisata di sekitar kawasan Ibu Kota Negara Nusantara. Untuk itu, Sandiaga Uno menegaskan bahwa pengelolaan sektor pariwisata di IKN Nusantara akan dilakukan dengan melibatkan kelompok masyarakat adat di daerah.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network