Promo KA 'Suite Class Compartment' Seharga Hampir Rp2 Juta, Warganet: Setara UMR Jogja

Tama
Fasilitas kereta 'Suite Class Compartment' di layanan KA Bima dan KA Argo Semeru. Foto: iNews.id/Heri Purnomo

DEPOK, iNewsDepok.id - Usai merilis kereta 'Suite Class Compartment', PT Kereta Api Indonesia (Persero), akhirnya memberikan promo perjalanan kepada masyarakat untuk mencicipi kereta fasilitas mewah ini. Selama masa promo, PT KAI membanderol dengan tarif hampir Rp2 juta sekali perjalanan.

Kereta api (KA) dengan fasilitas layanan bak sultan, siap memanjakan masyarakat yang membutuhkan layanan ekslusif dan mewah. Sejumlah masyarakat menanggapi beragam komentar terkait peluncuran kereta 'Suite Class Compartment'.

Dilansir dari akun Instagram layanan penumpang KAI @kai121_, kereta bernuansa mewah dengan menawarkan berbagai fasilitas ekslusif tersebut sedianya akan disambungkan di KA Bima dan KA Argo Semeru.

"Ini kan, official announcement yang kalian tunggu-tunggu? Kereta Suite Class Compartment yang lagi viral banget ini, diumumkan akan beroperasi di rangkaian KA Bima dan Argo Semeru," tulis @kai121_ di Instagramnya, Senin (9/10/2023).

Kereta 'Suite Class Compartment' digabung dengan KA Bima, mengikuti jejak pendahulunya ketika KA Bima juga pernah melayani penumpang dengan kelas kompartemen pada tahun 1960-1980-an, dengan relasi Stasiun Gambir - Surabaya Gubeng melalui Yogyakarta.

"KA Bima adalah layanan kereta eksekutif yang melayani rute Gambir-Surabaya Gubeng (pp) via Yogyakarta, dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 17.00 dan dari Surabaya Gubeng pukul 19.20. Kereta Suite Class Compartment ini, mengingatkan akan layanan KA Bima yang dulu pernah ada di era 1960 - 1980-an," imbuhnya.

Tidak hanya pada KA Bima, kereta 'Suite Class Compartment' juga dirangkaikan ke KA Argo Semeru dengan relasi yang sama.

"Sementara KA Argo Semeru adalah kereta eksekutif dengan rute Gambir-Surabaya Gubeng (pp), dengan waktu perjalanan pagi hari. Dari Stasiun Gambir jam 06.20 dan dari Stasiun Surabaya Gubeng jam 09.05. Dengan KA ini, pelanggan dapat menikmati pemandangan dari dalam kereta Suite Class Compartment," tulis @kai121_.

Selama perjalanan dengan kereta 'Suite Class Compartment', para penumpang akan dimanjakan dengan berbagai layanan dan pengalaman, seperti kursi penumpang yang canggih dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, layanan hiburan pribadi, layanan makanan berupa: hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course), hidangan penutup (dessert), aneka minuman dan berbagai layanan 'Sultan' lainnya.

Untuk memperkenalkan kepada masyarakat, KAI memberikan tarif promo seharga Rp1.950 ribu, selama periode 10-31 Oktober 2023.

"Yang nggak kalah menarik, ada periode promo tiketnya juga loh! Mulai tanggal 10-31 Oktober 2023, kalian bisa pesan tiketnya dengan harga Rp1.950.000,- aja, kalian sudah bisa menikmati perjalanan ala sultan di kereta Suite Class Compartment," tulisnya.

Sebelumnya, Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, dalam keterangan tertulisnya, pada Rabu (4/10/2023) lalu menjelaskan, para penumpang akan dimanjakan di layanan kereta 'Suite Class Compartment', salah satunya kursi yang dapat direbahkan (reclining seat) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur.

Selain itu, fasilitas ekslusif lainnya adalah kursi tersebut dapat diputar (revolving seat) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api. Tak tanggung-tanggung, PT KAI menggunakan kulit rusa premium sebagai pelana tidur penumpangnya.

Kursi di kereta ini juga memiliki sandaran kaki yang dapat diluruskan sehingga pelanggan dapat menikmati relaksasi selama perjalanan. Terdapat pula Train Onboard Infotainment System yang dapat digunakan pelanggan untuk mengisi waktu luang selama perjalanan.

"Yang membuat Kereta Suite Class Kompartemen lebih spesial adalah masing-masing kursi kereta sudah disematkan fitur panel sentuh untuk pengontrolan kursi seperti reclining dan revolving. Sehingga pelanggan dengan sangat mudah mengatur mode kursinya. Bahan kursinya pun terbuat dari kulit rusa premium yang sangat lembut," kata Didiek.


Interior kereta kompartemen. Foto: dok KAI

Kereta 'Suite Class Compartment' yang dibanderol dengan harga fantastis ini, didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal.

Hampir mirip dengan kereta kelas kompartemen era Perumka, kali ini dalam satu kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan. Di tiap ruangan tersebut, telah terpasang pintu geser yang dapat digerakkan secara elektrik.

KAI mengklaim, desain ruangan yang menarik dengan warna lembut dan pencahayaan yang hangat, memberikan efek kenyamanan agar pelanggan lebih betah untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Tak ketinggalan, Kereta Suite Class Kompartemen juga dilengkapi dengan toilet yang pastinya mewah juga.


Kemewahan kereta kasta sultan di kelas 'Suite Class Compartment'. Foto: iNews.id/Heri Purnomo 

Beragam komentar masyarakat menanggapi peluncuran tarif promo kereta 'Suite Class Compartment' di akun kai121_, yang dibanderol dengan harga hampir Rp2 jutaan. Ada yang menanggapi positif dan antusias terkait peluncuran kereta kelas sultan tersebut.

"Dengan harga tertera, menurutku cukup worth it dengan fasilitas yg disediakan. Pengalaman pribadi kemarin pas uji coba, untuk perjalanan jarak jauh akan terasa lebih nyaman," komentar pemilik akun Instagram faisalnoviant.

"already booked!! can't wait !!!!" tulis ersanpamungkas.

"Akhirnya rilis juga (dengan emoji senang)," tulis camera.railfans.

Sementara ada juga warganet yang menilai promo peluncuran kereta 'Suite Class Compartment', terlalu mahal.

"Promo nyaris 2 juta (dengan emoji sedih)," tulis andriawanpratikto.

"berangkat pke suite pulang nya ngegembel," ujar rheinaljanuardi_.

"Mahal min ak bln lalu ke Jkt pp Sby naik kelas ekonomi aj ga sampe 500rb an, di kereta jg banyak tidurnya sih," tulis sriindahrupiana.

 "Ya Allah...itu promo harga segitu...gmn ga promo....
Minnnnn..ga bisa gitu kaum mendang mending ini ngerasain .....sholawatin aja dulu kali aja ada orang baik mau ngajak naik kereta sultan gratis...,"
tulis vintrst.

"Tiketnya seharga Umr Jogja," ujar muhdzahir05.

Nah bagaimana nih Warga Depok, penasaran mencoba sensasi kereta dengan fasilitas sultan dari KAI.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network