Apa itu Hamas? Berikut Alasan Hamas Serang Israel

Laurensius Teddy Saputro
Hamas lakukan penyerangan terhadap Israel pada hari Sabtu. Foto: Reuters/Mohammed Salem

Siapa sekutu dan pendukung Hamas?

Hamas adalah bagian dari aliansi regional yang juga mencakup Iran, Suruah dan kelompok Hizbullah di Lebanon, yang menentang kebijakan AS terhadap Timur Tengah dan Israel.

Hamas dan Jigad Islam, kelompok bersenjata terbesar di kawasann, seringkali bersatu melawan Israel dan merupakan anggota terpenting dari ruang operasi gabungan yang mengoordinasikan aktivitas militer di antara berbagai kelompok bersenjata di Gaza.

Hubungan kedua kelompok menjadi tegang kefika Hamas memberikan tekanan pada Jigad Islam untuk menghentikan serangan terhadap Israel.

Apa yang mendorong serangan Hamas hari Sabtu terhadap Israel?

Juru bicara Hamas Khaled Qadomi mengatakan "kelompok itu melakukan operasi militernya sebagai tanggapan atasan kekejaman yang dihadapi warga Palestina selama beberapa dekade," dikutip dari Al Jazeera Senin, (9/10/2023).

"Kami ingin komunitas Internasional menghentikan kekejaman di Gaza terhadap rakyat Palestina, tempat suci kami seperti Masjid Al-Aqsa. Semua hal inilah yang menjadi alasan balik dimulainya pertempuran ini," katanya.

Hamas juga meminta kelompok lain untuk bergabung dalam perlawanan dan mengatakan bahwa serangan hari Sabtu hanyalah permulaan.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network