Kisah Inspiratif: Dyana Arum, Putri Petani Jadi Wisudawan Termuda Universitas Negeri Yogyakarta

Sazili Mustofa
Dyana Arum Nugraini, S.Tr.T, yang menjadi lulusan termuda karena berhasil meraih gelar sarjana terapannya pada usia 21 tahun 1 bulan. Foto: Dok UNY

Setelah lulus dari SMK, Dyana mencari informasi tentang pendaftaran kuliah di UNY karena ia sangat tertarik dengan pembelajaran praktik. Oleh karena itu, ia memilih program studi D4 Teknik Otomotif.

"Saya tidak hanya meminta doa dari orang tua, tetapi saya juga terus belajar agar bisa diterima di UNY," tambahnya.

Pada tahun 2019, UNY membuka jalur mandiri untuk program D4, sehingga Dyana fokus untuk belajar dan mengikuti ujian mandiri.

"Yang saya tanamkan dalam diri saya sebelum mengikuti ujian adalah penting untuk mencoba dan memberikan usaha maksimal," ucapnya. Akhirnya, Dyana berhasil diterima sebagai mahasiswa baru di UNY.

Selama proses orientasi di jurusan Otomotif D4 tahun 2019, yang mayoritas mahasiswanya adalah laki-laki dan perempuan menjadi minoritas, Dyana merasa nyaman karena latar belakang pendidikannya di SMK membuatnya dapat beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan baru.

"Selama perkuliahan berjalan, saya merasa sangat dibantu oleh teman-teman sekelas. Mereka memberikan dukungan, bantuan, dan bahkan mengajar saya materi-materi yang belum saya pahami. Penjelasan dari dosen dan teman-teman membuat saya lebih mudah memahami materi dan mengerjakan tugas-tugas," jelasnya.

Dyana mulai menekuni mata pelajaran yang menjadi keahliannya di bidang otomotif sejak semester pertama. Jika ada hal yang tidak dia pahami, dia selalu bertanya kepada teman-teman maupun dosen.

Selama pandemi COVID-19, ketika pembelajaran dilakukan secara daring, Dyana menggunakan waktu senggangnya untuk bekerja paruh waktu.

"Saya menjalani kuliah sambil bekerja selama 1 tahun," katanya.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network