Permudah Cari Informasi di Google, Chrome Tambah Fitur Baru

Rigel Ali
Pembaruan Google Chrome versi mobile. Foto: Google

JAKARTA, iNewsDepok.id - Google merilis pembaruan untuk peramban web Chrome yang dapat membuat pengguna lebih mudah dalam mencari informasi. Pembaruan ini hadir untuk versi mobile dan desktop, dengan fokus yang berbeda di tiap perangkat.

"Kami baru-baru ini meluncurkan empat fitur Chrome mobile untuk membantu Anda dengan cepat menemukan apa yang Anda cari — dari inspirasi perjalanan hingga topik yang sedang tren," tulis Nick Kim Sexton, Manajer Produk Chrome dalam blog Google pada Rabu (2/8/2023).

Untuk versi mobile, Google menambahkan fitur yang meningkatkan kemampuan dalam proses pencarian informasi. Perubahan yang paling menonjol dalam Google Search adalah Chrome untuk Android kini menampilkan pencarian yang sedang tren langsung di dalam bilah alamat. Sayangnya, pengguna iOS harus menunggu di akhir tahun untuk mendapatkan fitur ini.

Saran pencarian yang relevan juga akan tampil dalam bilah alamat untuk pengguna Chrome untuk Android dan iOS di seluruh situs yang memenuhi syarat. Misal, Chrome mungkin menyarankan pencarian untuk restoran lokal atau tempat wisata ketika pengguna sedang mencari destinasi liburan.

Pengguna Android bisa mendapatkan keuntungan dari fitur "Touch to Search" dalam menemukan pencarian terkait dari kata atau frasa yang dipilih. Selain itu, saat pengguna iOS mulai mengetik dalam bilah pencarian, kini Chrome akan menampilkan sepuluh (alih-alih enam) saran pencarian untuk membantu pengguna dalam mencari informasi, yang mana fitur ini telah tersedia sebelumnya untuk Android.

Dalam pembaruan versi desktop, Google memperkenalkan pengalaman mengunduh yang didesain ulang untuk Chrome, yang membuat pengguna lebih mudah berinteraksi dengan file yang baru diunduh. Pembaruan tersebut berlaku untuk Windows, macOS, dan ChromeOS.

Sebelumnya bilah unduhan berada di bagian bawah layar, kini terletak di bagian kanan atas dari bilah alamat Chrome. Tempat unduhan baru itu menampilkan animasi lingkaran yang menampilkan proses pengunduhan dan akan terbuka sebentar setelah selesai sebelum secara otomatis menutup sendiri agar tidak mengganggu penelusuran.

Tempat unduhan itu dapat menampilkan apapun yang diunduh dalam 24 jam terakhir, dengan pilihan membuka folder yang menampung file dan mengulang, menjeda, melanjutkan, atau membatalkan unduhan.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network