Gunakan Pestisida Nabati, Mahasiswa UB Selamatkan Petani Padi di Kediri dari Gangguan Hama Wereng

Laurent Nabila Zahra Tanjung
Sosialisasi pembuatan dan penggunaan pestisida nabati yang dilakukan Mahasiswa Universitas Brawijaya untuk membantu petani Desa Kraton, Kecamatan Mojo, Kediri dari gangguan hama wereng. Foto: Istimewa

KEDIRI, iNewsDepok.id – Mahasiswa Universitas Brawijaya mengembangkan pestisida nabati untuk menyelamatkan petani padi dari gangguan hama wereng di Desa Kraton, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur .

Hama wereng belakangan ini marak dan membuat resah petani padi Desa Kraton. Kondisi ini membuat Kelompok 402 Mahasiswa Membangun Desa Universitas Brawijaya tak bisa tinggal diam. 

Mereka turun tangan menerapkan ilmu yang diperoleh di kampus. Pestisida nabati pun dikembangkan sebagai solusi bagi petani.

Inisiatif datang dari Ryan, mahasiswa Agribisnis Universitas Brawijaya Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Kediri.

Proses pembuatan pestisida nabati ini seluruhnya menggunakan bahan-bahan alami. Untuk satu paket, campurannya terdiri dari brotowali 1,5 kilogram, cairan daun mimba 1,5 liter, biji mahoni 1 ons, buah maja/mojo 2 butir, dan tempurung kelapa secukupnya.

Bahan-bahan selanjutnya ditumbuk menjadi satu lalu dicampur dengan 20 liter air. Campuran dibiarkan seama 3 hari atau 3x24 jam dengan kondisi tertutup. Pestisida nabati pun siap diaplikasikan.

Untuk cara pembuatan dan penggunaan, kelompok mahasiswa menyelenggarakan acara sosialisasi kepada masyarakat perwakilan Kelompok Tani Srikaton, Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Mojo, serta petani Desa Kraton. 

Mereka berharap pestisida nabati menjadi solusi efektif untuk mencegah serangan hama wereng. Penggunaan pestisida nabati dipilih karena tidak merusak ekosistem termasuk keamanan padi untuk konsumsi manusia.
 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network