Perkenalkan Aptos, Font Default Terbaru Microsoft Office yang Gantikan Calibri

Rigel Ali
Aptos, font default terbaru Microsoft Office yang menggantikan Calibri. Foto: Microsoft

JAKARTA, iNewsDepok.id - Setelah 15 tahun, Microsoft akhirnya melakukan penggantian font default di aplikasi Office dan 365. Aptos, font terbaru yang akan menjadi penerus dari Calibri. Microsoft mengumumkan hal tersebut melalui blog Microsoft Design di situs Medium, Jumat (14/7/2023).

"Hari ini kami memulai fase akhir dari perubahan besar di mana Aptos akan mulai tampil sebagai font default terbaru di Word, Outlook, PowerPoint dan Excel untuk ratusan juta pengguna," tulis Si Daniels, Manajer Produk Utama Microsoft.

Microsoft akan merilis Aptos sebagai font default Office untuk seluruh penggunanya dalam beberapa bulan ke depan secara berkala.

Menurut Microsoft, pemilihan Aptos sendiri berawal dari 2021. Microsoft memiliki lima kandidat font baru untuk menggantikan Calibri saat itu, yaitu Bierstadt, Grandview, Seaford, Skeena, dan Tenorite. Setelah dua tahun melalui kritik dan umpan balik dari penggunanya, dipilihlah Bierstadt yang kini diubah namanya dan dikenal sebagai Aptos.

Aptos diciptakan oleh Steve Matteson, seorang desainer huruf terkenal. Matteson pernah membuat font Segoe, yang dilisensikan oleh Microsoft untuk menjadi font default Windows. Penggantian nama Bierstadt menjadi Aptos karena merupakan nama sebuah kota favorit Matteson di Santa Cruz, California.

Meski Aptos menjadi font default, Calibri akan tetap disematkan di menu font paling atas bersama pendahulunya, Times New Roman dan Arial.

Keempat font yang menjadi kandidat bersama Aptos, yaitu Grandview, Seaford, Skeena, dan Tenorite akan tetap tersedia di Microsoft Office dan 365. Bahkan, nama font Bierstadt akan tetap disematkan bagi pengguna yang sudah akrab dengan font tersebut.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network