Unik! Satu-satunya Pohon Palem yang Berbuah dan Berbunga di Bawah Tanah, Berasal dari Kalimantan

Kartika
Inilah spesies palem baru yakni Pinanga subterranea, yang ditemukan oleh para peneliti di Royal Botanic Gardens, Kew. Foto: Roya; Botanic Gardens Kew

Contohnya kacang, bunganya tumbuh di atas permukaan tanah, sementara buahnya berada di bawah tanah, tapi sangat jarang berbuah dan berbunga sepenuhnya di bawah tanah.

Faktanya, ini hanya diamati pada keluarga anggrek Rhizanthella. Sebagai anggrek bawah tanah, Rhizanthella adalah bunga tak berdaun yang hidup bersimbiosis dengan jamur mikoriza.

Mereka tidak memiliki akar, tidak memiliki klorofil, dan umbi baru terbentuk di ujung batang pendek. Ini adalah bunga yang tampak aneh yang memiliki sedikit kesamaan dengan kebanyakan spesies anggrek lainnya.

Sementara Pinanga subterranea tidak hanya menyerupai palem lain dalam genus Pinanga, tetapi juga menampilkan sejumlah besar biji dan buah bawah tanah. Ini menunjukkan bahwa mekanisme penyerbukan yang sangat berhasil sedang dimainkan, yang tidak diketahui peneliti.

“Saya telah mempelajari palem selama 30 tahun dan takjub melihat bagaimana mereka terus mengejutkan kita,” kata Dr. William Baker, Senior Research Leader.

Penemuan tidak terduga ini menimbulkan lebih banyak pertanyaan, seperti apa yang menyerbuki palem? Bagaimana penyerbuk menemukan bunga di bawah tanah?

Diketahui, palem dalam genus Pinanga biasanya diserbuki oleh serangga seperti lebah dan kumbang, yang biasanya tidak beroperasi di bawah tanah.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network