Kisah Mantan Petugas Kebersihan KA, Harus Rela Gelap-gelapan Saat Bersihkan Gerbong

Tama
Petugas kebersihan atau on train cleaning PT KAI. Foto: dok PT KAI

DEPOK, iNewsDepok.id - Poin utama dalam perjalanan kereta api (KA) yaitu kenyamanan dan kebersihan penumpang. Oleh karena itu, pentingnya tugas petugas kebersihan dalam kereta, menjadi kunci kenyamanan pengguna jasa layanan kereta api.

Petugas kebersihan PT Kereta Api Indonesia (KAI) atau yang lebih dikenal dengan On Train Cleaning (OTC), menjadi garda terdepan dalam menjaga kebersihan selama perjalanan dengan kereta api.

Sebelum KA beroperasi, petugas OTC memastikan kereta bersih, kering dan terhindar dari bau tak sedap. Tentunya, kebersihan tersebut harus dijaga sepanjang perjalanan. Oleh karena itu OTC bertanggung jawab untuk kebersihan interior kereta.

Mengutip dari situs PT KAI, petugas OTC bertugas menjaga kebersihan KA selama dalam perjalanan. Biasanya, terdapat dua petugas OTC di setiap KA yang siap melayani para penumpang.

Mungkin banyak penumpang tidak sadar, kebersihan kereta api yang ditumpangi, tak lepas dari kerja keras para OTC.

Rizaldi Arga Aspriawan, membagikan kisahnya yang pernah bertugas sebagai OTC di salah satu kereta api jarak jauh (KAJJ). Kisahnya sempat ia tuliskan di Grup Facebook 'Pecinta Kereta Api Indonesia'. Rizaldi menceritakan suka duka menjadi petugas kereta api.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network