Stasiun Merak Ditutup Selama Masa Mudik Lebaran 2023, KA Hanya Sampai Stasiun Cilegon

Dhodi
Stasiun Merak ditutup sementara selama masa mudik lebaran. Foto : Instagram @fajar_9509.

DEPOK, iNewsDepok.id – Selama masa mudik Lebaran 2023, Stasiun Merak Banten ditutup sementara dan tidak melayani naik turun penumpang Kereta Api (KA) mulai tanggal 15-30 April 2023.

Terkait penutupan tersebut, untuk layanan perjalanan KA Lokal Merak sementara hanya melayani dari Stasiun Cilegon dan Stasiun Rangkasbitung.

Selama ini Stasiun Merak menjadi titik turun penumpang kereta api yang ingin melanjutkan perjalanan menyeberang ke Pulau Sumatra lewat Pelabuhan Merak.

Terkait hal tersebut PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) sudah menyiapkan transportasi agar masyarakat bisa menuju ke Pelabuhan Merak.

Angkutan ini disediakan secara gratis dari Stasiun Cilegon menuju Terminal Terpadu Merak (TTM), untuk dapat menuju terminal penumpang Pelabuhan Merak.

ASDP bekerja sama dengan Damri dan Persatuan Supir Angkot Cilegon (PSAC) untuk melayani transportasi masyarakat khususnya yang akan melanjutkan perjalanan dengan kapal Ferry dari Pelabuhan Merak, Banten.

"Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan arus mudik agar tercipta pengalaman yang aman dan berkesan, kami menyediakan layanan shuttle bagi masyarakat dari Stasiun Cilegon menuju Pelabuhan Merak,” kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan resminya, Rabu (19/04/2023).

“Untuk kemudahan dan kenyamanan, masyarakat dapat mengakses shuttle 4 unit bus Damri dan juga 20 unit angkutan kota," lanjutnya.

Pihak ASDP telah menyetujui usulan PSAC dalam pelayanan dari Stasiun Merak yang akan berdampingan dengan operasional unit bus Damri.

Shelvy  menjelaskan, lewat kerja sama ini ASDP berupaya untuk memberikan layanan transportasi yang lebih terintegrasi dan efisien antara transportasi darat dan laut.

“Kami sudah berkoordinasi untuk menyediakan 20 unit angkutan kota. Nantinya pelayanan perjalanan penumpang dari stasiun Cilegon menuju Pelabuhan Merak akan menyesuaikan jadwal kedatangan kereta," kata Shelvy.

Shelvy menegaskan fasilitas layanan shuttle bus dan angkutan kota tersebut tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Hal ini merupakan bentuk komitmen dari ASDP untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa, dan seluruh pihak yang terkait agar tercipta suasana mudik yang nyaman dan lancar.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network