9 Negara yang Punya Tradisi Mudik Selain Indonesia, Tak Disangka Salah Satunya Negeri Paman Sam

Cita Najma/Kartika
Inilah 9 negara yang punya tradisi mudik, selain Indonesia. Tradisi mudik ini dilakukan menjelang Hari Raya keagamaan, seperti Idul Fitri. Foto ilustrasi: Ist
  1. India

Seperti halnya Indonesia, negara India juga punya tradisi mudik. Meski penduduk India yang beragama Islam sangat sedikit, tetapi tidak menyurutkan niat merek untuk kembali ke kampung halamannya menjelang Lebaran.

Selain Islam, umat Hindu di India juga melakukan tradisi mudik pada bulan Oktober atau November. Mereka kembali ke kampung halaman untuk menggelar Festival of Lights atau Diwali.

  1. Bangladesh

Menjelang Hari Raya Idul Fitri masyarakat Islam di Bangladesh bersiap untuk mudik ke kampung halaman. Perantau dari kota akan kembali ke desa untuk berkumpul bersama keluarga.

Untuk mudik ke tanah kelahirannya, tidak sedikit dari penduduk Bangladesh rela menaiki perahu untuk kembali ke tanah kelahiran.

  1. Arab Saudi

Idul Fitri sangat meriah di Arab Saudi. Setiap daerah menggelar festival budaya dan kesenian saat perayaan Idul Fitri.

Warga pun ramai-ramai pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga saat Idul Fitri. Tradisi ini juga dilakukan saat Idul Adha.

Masyarakat Saudi juga menata rumah masing-masing agar terlihat indah ketika dikunjungi keluarga atau tetangga saat Lebaran. Mereka juga mempersiapkan makanan lezat untuk di hidangkan saat Lebaran.

  1. Turki

Umat Islam di Turki juga mengenal istilah mudik. Mereka melakukan aktivitas mudik menjelang Idul Fitri untuk berkumpul bersama keluarga.

Selain bersilaturahmi, masyarakat Islam di turki juga melakukan ziarah kubur di saat mudik ke kampung halaman.

  1. Amerika Serikat

Meski mayoritas masyarakat Amerika Serikat adalah non muslim ternyata di sana juga ada tradisi mudik. Ternyata penduduk Negeri Paman Sam ini mudik pada perayaan “Thanksgiving”, untuk berkumpul bersama keluarga untuk mengucap rasa syukur.

  1. Nigeria

Nigeria menetapkan libur nasional selama 2 hari saat Idul Fitri. Masyarakat Muslim di sana turut pulang kampung untuk mengunjungi keluarga serta berziarah ke makam kerabat masing-masing saat lebaran.

Itulah 9 negara yang punya tradisi mudik selain Indonesia.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network