9 Negara yang Punya Tradisi Mudik Selain Indonesia, Tak Disangka Salah Satunya Negeri Paman Sam

Cita Najma/Kartika
Inilah 9 negara yang punya tradisi mudik, selain Indonesia. Tradisi mudik ini dilakukan menjelang Hari Raya keagamaan, seperti Idul Fitri. Foto ilustrasi: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah 9 negara yang punya tradisi mudik, selain Indonesia. Tradisi mudik ini dilakukan menjelang Hari Raya keagamaan, seperti Idul Fitri.

Ternyata tradisi mudik juga dilakukan masyarakat dari negara lain, yang tak hanya menjelang hari raya umat Islam, tetapi juga hari raya agama lain.

Sebelum menjelaskan negara mana saja yang memiliki tradisi mudik, berikut penjelasan mengenai istilah mudik. Mudik berasal dari bahasa Jawa, yakni ‘mulih dilik’, yang artinya ‘pulang sebentar’.

Istilah tersebut menggambarkan seseorang yang kembali pulang setelah merantau ke daerah lain.

Tradisi mudik di Indonesia dijalankan setiap tahunnya. Umumnya masyarakat perantau mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri untuk berkumpul kembali bersama keluarga dan sahabat di tanah kelahiran.

Lantas negara mana saja yang juga memiliki tradisi mudik selain Indonesia? Berikut ini penjelasan mengenai 9 negara yang mempunyai tradisi mudik selain Indonesia, seperti dirangkum pada Senin (10/4/2023):

9 Negara yang Punya Tradisi Mudik

  1. Malaysia

Negeri jiran Malaysia juga memiliki tradisi mudik. Seperti halnya Indonesia, mayoritas penduduk Malaysia juga beragama Islam.

Menjelang Idul Fitri banyak dari penduduk yang merantau mudik kembali ke kampung halamannya. Jika di Indonesia pulang ke kampung halaman disebut mudik sementara di Malaysia disebut dengan balik kampong.

  1. China

Ada sekitar 18 juta penduduk muslim di China. Mayoritas dari mereka tinggal di Xinjiang dan Yunnan.

Umat Islam yang tinggal di China juga melangsungkan tradisi mudik menjelang Idul Fitri. Hanya saja tradisi mudik di China tidak sebesar di Indonesia.

Tradisi mudik di China paling terasa jelang Imlek, karena akan ada pergerakan besar pemudik yang melakukan perjalanan pulang kampung. Moda transportasi akan sesak saat momen musim mudik Imlek.

  1. Pakistan

Mudik menjadi tradisi wajib umat Islam di Pakistan setiap tahunnya menjelang Hari Raya Idul Fitri. Arus mudik di Pakistan tidak kalah padat dari Indonesia.

Besarnya masyarakat Pakistan yang mudik, bahkan pemerintah Pakistan sampai turun ke lapangan untuk mempersiapkan mudik.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network