Mengenal Uang Koin Kuno Indonesia, Terbuat dari Emas hingga Harganya Fantastis

Safina Asha/Kartika
Uang koin kuno Indonesia. Foto: Bank Indonesia

DEPOK, iNewsDepok.id - Mengenal uang koin kuno Indonesia yang menjadi salah satu benda yang banyak dicari kolektor. Pasalnya, uang koin kuno ini ada yang terbuat dari emas dan harganya fantastis.

Untuk diketahui, uang koin kuno adalah mata uang berbentuk koin yang telah diterbitkan pada masa yang sudah sangat lama hingga ratusan tahun. Tentu saja, koin kuno saat ini sudah tidak sah dijadikan alat pembayaran.

Karena itulah saat ini uang koin kuno Indonesia menjadi barang langka di peredaran. Uang koin kuno Indonesia ini banyak dicari orang, terutama para kolektor, sehingga harganya sangat tinggi.

Nah, penasaran dengan uang koin kuno Indonesia? Berikut penjelasan mengenai uang koin kuno Indonesia, seperti dirangkum pada Kamis (16/3/2023):

Uang Koin Kuno Indonesia

  1. Terbuat dari emas

Uang koin kuno Indonesia pecahan Rp850.000 bergambar Soeharto terbuat dari emas kuning dengan kadar 23 karat dan diameter 35 mm dengan ketebalan 2,78 mm. Koin kuno ini dibuat dengan teknik cetak proof.

Uang koin kuno Indonesia yang satu ini sudah sangat langka. Karena itu, banyak kolektor yang berani memberi harga tinggi jika menemukan koin kuno ini. Di e-commerce, uang koin ini dihargai Rp85 juta.

  1. Nominal yang tinggi

Salah satu pecahan koin kuno Indonesia yang nominalnya sangat tinggi, yaitu pecahan Rp850.000. Koin ini merupakan koin khusus yang diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI) pada tahun 1995 dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-50 tahun.

Yang membuat koin ini lebih unik adalah terdapat gambar Presiden kedua RI, yakni Soeharto pada uang koin ini.

  1. Harga fantastis

Tidak sedikit uang koin kuno Indonesia dijual dengan harga tinggi. Bahkan ada yang dijual dengan harga mencapai Rp100 juta untuk satu keping koin karena uang koin itu sangat langka diperedaran dan sulit untuk ditemukan.

Salah satu koin kuno Indonesia yang dijual dengan harga sangat tinggi adalah koin pecahan Rp100 dengan desain gambar wayang dan rumah gadang yang diterbitkan pada 1978. Koin ini dijual seharga Rp100 juta per keping di pasaran.

Demikianlah penjelasan mengenai uang koin kuno Indonesia, ada yang terbuat dari emas hingga harganya fantastis. Tertarik untuk mencari?

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network