Ini Arti Kata FOMO, Rachel Vennya Dicap FOMO karena Nonton Konser BLACKPINK

Kartika
Rachel Vennya menonton konser BLACKPINK dan dicap FOMO oleh netizen, ini arti kata FOMO. Foto: Instagram

Arti Kata FOMO

Melansir Oxford Dictionary, pada Selasa (14/3/2023), FOMO adalah akronim dari Fear of Missing Out. Jadi, FOMO adalah kondisi psikologis yang tidak mau ketinggalan sesuatu.

Berdasarkan Oxford English Dictionary, arti FOMO adalah perasaan gugup dan cemas ketika seseorang tidak menghadiri acara atau mengikuti fenomena sosial. FOMO disebut juga perasaan takut tertinggal akan sebuah tren.

Dalam perkembangannya, FOMO disebut sebagai sikap cemas dan rendah diri karena peringkat sosial yang rendah. FOMO seringkali diucapkan pada seseorang yang merasa takut dicap tidak "gaul" karena tak mengikuti tren yang sedang ramai.

Sementara dikutip dari Tech Target, FOMO sering menyebabkan perasaan tidak nyaman, ketidakpuasan, depresi dan stres, dikutip dari Tech Target.

Contoh FOMO antara lain pengguna media sosial yang ingin selalu mendapat informasi terkini. Orang tersebut akan merasa cemas apabila dirinya tak mengetahui informasi yang orang lain tahu.

Adanya perkembangan media sosial yang semakin masif turut serta dalam melestarikan budaya FOMO di tengah masyarakat. Kehadiran media sosial memungkinkan penggunanya untuk mengunggah momen spesial seperti liburan ke suatu tempat atau makan di restoran.

Bagi orang lain yang melihat, hal itu bisa membuat mereka FOMO dan ingin mengunjungi tempat atau restoran tersebut.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network