Inilah 5 Makanan Penyebab Stres dan Kecemasan, Sering Dikonsumsi Sehari-hari

Diana Rafikasari/Kartika
Inilah 5 makanan penyebab stres dan kecemasan, salah satunya karbohidrat olahan. Foto: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Setidaknya ada 5 makanan penyebab stres dan kecemasan, padahal makanan tersebut sering dikonsumsi sehari-hari. Karena itu, sebaiknya makanan-makanan tersebut tidak dikonsumsi berlebihan.

Perlu diketahui, apa yang kita makan tidak hanya memengaruhi kebugaran tubuh, tetapi juga suasana hati. Pasalnya usus dan otak terhubung, yang artinya saat makan makanan ramah usus dapat menjaga suasana hati lebih stabil.

Sebaliknya, bila mengonsumsi makanan yang dibenci bakteri usus dapat merusak suasana hati, memicu stres dan kecemasan. Berdasarkan studi, mikroorganisme di usus menghasilkan neurotransmitter di otak yang berperan aktif dalam memori, pembelajaran, perhatian, dan pengaturan emosi.

Ketidakseimbangan nutrisi dapat sangat memengaruhi suasana hati dan membuat merasa tertekan. Contohnya, tidak mendapatkan cukup protein dapat memengaruhi fungsi otak.

Ada juga makanan yang dapat meningkatkan suasana hati, sementara tetapi dapat merusak tingkat stres di kemudian hari.

Lantas apa saja makanan penyebab stres dan kecemasan? Berikut ini 5 makanan penyebab stres dan kecemasan, seperti dilansir dari Hindustan Times, pada Minggu (5/3/2023):

5 Makanan Penyebab Stres dan Kecemasan

  1. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan bisa memperburuk peradangan dan membanjiri tubuh dengan lebih banyak gula daripada yang dibutuhkan. Kondisi ini dapat menciptakan peningkatan stres dan suasana hati yang tidak stabil.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network