5 Kuliner Indonesia yang Masuk Daftar Jajanan Terbaik Dunia

Dhodi
Pempek menjadi salah satu jajanan jalanan yang diakui dunia. Foto: iNews Depok/Dhodi

JAKARTA, iNewsDepok.id – Usai pisang goreng terpilih menjadi dessert terbaik di dunia, kini jajanan jalanan asal Indonesia mendapatkan posisi teratas dalam daftar makanan jalanan terbaik di dunia versi TasteAtlas.

TasteAtlas adalah website yang berisi panduan wisata seluruh dunia yang sering membagikan daftar makanan-makanan atau tempat-tempat wisata terbaik di berbagai negara.

Tim TasteAtlas baru baru ini merilis daftar jajanan jalanan terbaik di dunia berdasarkan kurasinya. Bertajuk Best Street foods in The World itu, 5 jajanan jalanan Indonesia berhasil masuk dalam daftar membanggakan itu. Jajanan jalanan itu adalah:

  1. Bubur Ayam

Dalam daftar Best Street foods in The World, bubur ayam berhasil menduduki peringkat ke 13 dengan nilai 4,7. Bubur asal Indonesia ini dinilai sebagai hidangan bergizi, mengungguli bubur China, yang disebut sebagai pendahulunya.

  1. Tempe Mendoan

Kudapan khas Purwokerto Jawa Tengah ini menempati urutan ke 14 dan mendapat nilai yang sama dengan bubur ayam yaitu 4,7. Tempe Mendoan disebut sebagai jajanan jalanan yang memiliki cita rasa gurih dan memiliki tekstur yang unik karena renyah di luar dan lembut di dalam.

  1. Pempek

Kuliner khas kota Palembang, Pempek masuk dalam daftar Best Street foods in The World di urutan ke 37. Kudapan yang terbuat dari daging ikan giling dan tepung tapioka ini mendapat nilai 4,6 dan disebut sebagai jajanan yang inovatif dan lezat.

  1. Pisang goreng

Tak hanya mendapat predikat sebagai dessert terbaik di dunia, pisang goreng juga masuk dalam daftar jajanan jalanan terbaik di dunia dengan menempati urutan ke 40 dengan nilai 4,6.

  1. Serabi

Kudapan khas yang mudah dijumpai di Pulau Jawa ini, tepatnya di kota Solo dan Bandung menempati urutan ke 41 dengan nilai 4,6.

Urutan pertama dalam daftar Best Street foods in The World, ditempati kuliner asal China yakni Guotie. Guotie adalah variasi dumpling yang biasanya diisi dengan daging babi cincang, kol, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak biji wijen. Makanan ini mendapat nilai 4,8.

Sementara di urutan kedua ditempati Roti Canai asal Malaysia, dengan nilai 4,8. Roti Canai sudah cukup dikenal dan mudah ditemui di Indonesia.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network