Biar Tak Kambuh, Penderita Asam Urat Sebaiknya Pantang 8 Makanan Tinggi Purin Ini

Diana R
Steak daging dan Salad Bayam. Foto: Dinnerly

DEPOK, iNewsDepok.id - Ada 8 makanan yang mengandung tinggi purin berikut ini yang sebaiknya dipantang oleh penderita asam urat untuk mencegah kekambuhan yang menyakitkan. Kalaupun ingin konsumsi sebaiknya dibatasi.

Asam urat merupakan radang sendiri, yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah yang tinggi sehingga menyebabkan terbentuknya kristal dan menumpuk di dalam dan sekitar sendi. Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah zat kimia yang disebut purin.

Purin terjadi secara alami di tubuh, tetapi juga ditemukan dalam makanan tertentu. Asam urat dikeluarkan dari tubuh melalui urin.

Untuk membantu menurunkan kadar asam urat, sebaiknya melakukan diet asam urat. Diet ini bukan obat asam urat, tetapi bisa menurunkan risiko serangan asam urat berulang, serta memperlambat perkembangan kerusakan sendi.

Lantas 8 makanan tinggi purin apa saja yang sebaiknya dipantang oleh penderita asam urat agar tidak kambuh?

Berikut bahasan mengenai 8 makanan tinggi purin yang sebaiknya dipantang oleh penderita asam urat, seperti dilansir dari Webmd, pada Rabu (18/1/2023):

  1. Sayuran tinggi purin

Sayur bayam dan brocoli tinggi purin. Foto: Taste.com

Berdasarkan penelitian, sayuran tinggi purin seperti asparagus dan bayam, meningkatkan risiko asam urat atau serangan asam urat berulang. Penderita asam urat juga sebaiknya menghindari sayuran seperti tauge, jamur dan brokoli.  

  1. Makanan laut

Tuna Oyster. Foto: Pixabay/Pexels

Beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, kerang, sarden, dan tuna mengandung purin lebih tinggi dibandingkan makanan laut lainnya. Akan tetapi bagi penderita asam urat manfaat kesehatan secara keseluruhan dari makan ikan lebih besar daripada risikonya. Ikan dalam porsi sedang bisa menjadi bagian dari diet asam urat.

  1. Daging merah

Daging merah. Foto: Pixabay/Robert Owen-Wahl

Sebaiknya batasi ukuran dan porsi daging merah seperti sapi, domba, dan babi. Paslanya, bila berlebihan mengonsumsi jenis daging tersebut bisa menyebabkan kadar  asam urat naik.

  1. Daging organ

Ati ayam dan jeroan ayam. Foto: joes fresh poultry

Penderita asam urat sebaiknya menghindari daging organ seperti hati dan ginjal  yang memiliki kadar purin tinggi, serta daging kelenjar perut. Meski terasa enak, makanan ini berkontribusi terhadap kadar asam urat darah yang tinggi.

  1. Makanan manis

Roti manis. Foto: Pixabay/vic padilla

Bagi penderita asam urat dianjurkan membatasi atau menghindari makanan yang dimaniskan dengan gula. Misalnya, sereal manis, produk roti manis, dan permen. Batasi juga konsumsi jus buah manis alami.

  1. Persik

Buah Persik. Foto: Pexels/Mark Stebnicki

Buah persik mengandung oksalat yang sangat tinggi. Oksalat umumnya terlihat dalam jus buah dan harus dihindari penderita asam urat, karena jika bercampur dengan kalsium di ginjal akan menyebabkan batu ginjal. Sedangkan tubuh membutuhkan ginjal untuk membuang kelebihan asam urat.

  1. Anggur

Anggur. Foto: Pexels/Roman Odintsov

Anggur mengandung fruktosa dan asam urat dalam jumlah tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan asam urat kambuh dan memicu rasa nyeri terus menerus.

  1. Kismis

Kismis. Foto: Pixabay/forwimuwi73

Kismis terbuat dari buah anggur yang mengandung purin. Mengonsumsi makanan kaya purin dapat meningkatkan masalah asam urat dan juga meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Buah-buahan kering ini harus dihindari sepenuhnya oleh orang yang menderita asam urat.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network