6 Makanan Terbaik untuk Melancarkan Pencernaan, Nomor 3 Kombucha

Legenda Kinanty Putri
Makanan yang mampu membantu melancarkan pencernaan. (foto: istock)

3. Kombucha

Kombucha merupakan minuman teh fermentasi yang dibuat dengan menambahkan strain bakteri, gula dan ragi tertentu ke dalam teh hitam atau hijau, kemudian difermentasi selama seminggu atau lebih. Bakteri probiotik diproduksi selama proses fermentasi yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Pepaya

Papain yang merupakan enzim pencernaan di dalam pepaya membantu proses perncernaan dengan bantu memcah sera protein. Papain juga dapat meringankan gejala sindrom iritasi usus besar seperti sembelit dan kembung.

5. Tempe

Tempe terbuat dari kedelai yang difermentasi, fermentasi tersebut memecah gula melalui bakteri dan ragi. Selama proses fermentasi, antinutrien dalam kedelai yang disebut asam fitat dipecah karena asam fitat mengganggu penyerapan nutrisi tertentu. Dengan demikian, proses fermentasi meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi tersebut.

6. Kimchi

Kimchi biasanya terbuat dari kubis yang difermentasi, bisa juga sayuran lainnya. Kimchi mengandung probiotik yang membantu pencernaan dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus besar. Selain itu kimchi juga mengandung serat yang dapat menambah jumlah besar tinja dan meningkatkan kesehatan usus.

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network