Youssouf Fofana Si Tukang Antar Pizza Jadi Punggawa Prancis Hadapi Argentina Final Piala Dunia 2022

Wikku D. Nugroho
Tak ada yang mengira, tukang antar pizza Youssouf Fofana menjadi salah satu punggawa timnas Prancis. (Foto: FEP/Icon Sport/Sportstars.id).

JAKARTA, iNewsDepok.id - Tak ada yang mengira, tukang antar pizza Youssouf Fofana menjadi salah satu punggawa yang mengantar Prancis ke final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Youssouf Fofana sukses menjadi penyeimbang di lini tengah Timnas Prancis. Dirinya juga dibantu oleh gelandang lainnya macam Aurelien Tchouameni. 

Namun sebelum menjadi pesepakbola sukses seperti sekarang ini, Youssouf Fofana pernah berprofesi sebagai tukang pengantar pizza

Hal itu dilakukannya usai namanya dicoret dari akademi Clairefontaine di usia 15 tahun. 

Sembari bekerja sebagai tukang pengantar pizza, Youssouf Fofana juga bermain untuk klub liga amatir di Liga Prancis yakni JA Dancy. 

Pemain kelahiran 10 Januari 1999 silam itu bermain di klub amatir tersebut di kurun waktu 2014-2017. 

Setelah itu, Youssouf Fofana diikat kontrak oleh klub amatir lainnya di Liga Prancis yakni RS Strasbourg pada musim 2018. Kariernya di dunia sepak bola pun semakin moncer. 

Kehebatannya dalam menguasai lini tengah tercium oleh raksasa dari Ligue 1 Prancis, AS Monaco. 

Seperti mimpi di siang bolong, Youssouf Fofana pun resmi menjadi pemain klub yang bermarkas di Stade Louis II itu pada musim 2020.

Menurut Transfermarkt, pemain beragama Islam itu diikat kontrak oleh AS Monaco hingga empat musim mendatang. Seketika Youusouf Fofana menjadi andalan di lini tengah AS Monaco.

Kolega Kylian Mbappe ini akan melakoni babak puncak melawan Argentina, pada Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB di Lusail Stadium, Qatar. 

Pemain yang kini bermain untuk AS Monaco ini tampil solid di pesta sepak bola empat tahunan tersebut. 

Hingga kini, ia telah memainkan 112 laga, mencetak 2 gol serta 9 assist di berbagai ajang. Penampilan apiknya itulah yang membuat ia dipanggil untuk memperkuat skuad Timnas senior Prancis. 

Pemain yang merupakan keturunan Mali itu melakoni debut bersama skuad Ayam Jantan pada laga UEFA Nations League A kontra Austria pada 9 September 2022. Di laga debutnya itu, ia mampu antarkan Timnas Prancis menang mudah dengan skor 2-0. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network