3 Bangunan Terbengkalai di Dunia, Nomor 2 di Indonesia

Shenny Violetta
Simak! 3 bangunan terbengkalai yang ada di dunia. Nomor 2 di Indonesia. Foto : okezone.

JAKARTA, iNewsDepok.id - Sebuah gedung yang dibangun dapat dijadikan sebagai tempat tinggal, perkantoran, dan tempat perbelanjaan. Namun lain halnya apabila dana tidak mencukupi untuk membangun gedung, karena terjadinya hambatan atau suatu masalah. 

Banyak gedung-gedung yang dibiarkan begitu saja terbengkalai tak terawat. Alhasil, bangunan tersebut menjadi sepi dan kotor, tak jarang pula dapat menimbulkan nuansa mistis. 

Berikut list gedung yang dibiarkan terbengkalai begitu saja : 

1. Hotel of Doom, Korea Utara

Bentuk bangunan yang terlihat seperti piramida yang mencakar langit itu, saat ini tidak lagi berpenghuni. Gedung ini dulunya adalah hotel yang bernama Ryugyong terletak di Pyongyang, Korea Utara.

Hotel dengan lantai yang mencapai 105 ini dibangun dengan maksud menjadi bangunan tertinggi di dunia. Namun akibat kurangnya dana, gedung ini masih belum dibuka dan masih tampak kosong. 

2. Toko Merah, Jakarta 

Toko merah yang berada tepat di Kota Tua, Jakarta ini dulunya merupakan tempat tinggal Gustaaf Willem Baron van Imhoff, Gubernur Hindia-Belanda ke 27. 

Fungsi tempat ini berganti-ganti. Selain sempat menjadi tempat tinggal, Toko Merah ini sempat juga menjadi perkantoran. 

Sejak tahun 1990an Toko Merah ini telah resmi dijadikan dijadikan cagar budaya, melalui Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Noor 475 tanggal 29 Maret 1993.

3. Northland Center Mall, Amerika Serikat

Northland Center Mall merupakan salah satu bangunan yang dijadikan pusat perbelanjaan di Amerika Serikat sejak 24 Maret 1954.

Pada tahun 2008 mall ini mangalami krisis finansial. Akibat krisis yang dialami, terpaksa mall ini ditutup secara permanen pada tahun 2015. 

Editor : Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network