6 Fakta Menarik Kota Depok, Pernah Jadi Negara Mandiri

Raden Yovan Tobing
Fakta menarik tentang Kota Depok. Foto: Simpok Sehat Forum Kota Depok Sehat

3. Terkenal sebagai Kota Belimbing

Depok dikenal oleh masyarakat luas sebagai kota belimbing lantaran memiliki banyak kebun  belimbing dan menghasilkan jenis belimbing paling  terkenal, yaitu belimbing dewa. Belimbing menjadi buah unggulan karena di kembangkan secara profektif di kota ini.

Julukan kota belimbing ini juga tak lepas dari perubahan politik. Usai mengalami perubahan politik pada 1990-an, belimbing menjadi simbolis untuk mem-branding kota Depok yang Islami.

 

4. Destinasi Wisata Religi Masjid Kubah Mas

Masjid Kubah Mas menjadi ikon Depok setelah peresmiannya tanggal 31 Desember 2006. Masjid Kubah Mas merupakan salah satu dari 1000 Masjid yang dibangun oleh pengusaha sukses, Dian Djuriah Maimun Al-Rasyid.

Masjid ini memiliki beberapa keunikan diantaranya memiliki lapisan emas 24  karat dan terdapat lima kubah yang masing-masing dilapisi emas setebal 2-3 milimeter dan mozaik kristal. Selain itu, pada relief hiasan di tempat imam juga dibuat dengan emas 18 karat.

 

5. Kota Dengan Petir Berbahaya

Dalam penelitian Dr. Ir. Dipl. Ing. Reynaldo Zoro dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2002 menyatakan kota Depok memiliki petir paling ganas dan berbahaya di seluruh dunia. Dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa petir negatif di Depok memiliki kekuatan sekitar 379,2 KA (Kilo Ampere) sedangkan petir positifnya berkekuatan sekitar 441,1 KA. Itu berati, kekuatan petir di Depok dapat menghancurkan bangunan yang terbuat dari beton.

Bahkan, kekuatan petir di Depok masuk buku rekor dunia, Guiness World Record sebagai petir paling ganas. Cinere dan Sawangan menjadi daerah paling rentan terjadinya petir dengan kekuatan besar lantaran wilayahnya terpengaruh oleh angin dari lembah, darat, serta laut.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network