Beruntung Bila Suka Sarapan Apel, Ternyata Ada 7 Manfaat bagi Kesehatan

Kartka
Konsumsi apel sehari dalam membuat seseorang menjaga kesehatan. Foto: Pixabay/PublicDomainPictures
  1. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Apel mengandung antioksidan seperti flavonoit yang berfungsi sebagai inhibitor ACE, yang dapat membantu mencegah hipertensi. Apel juga mengandung potassium yang dapat menjaga tekanan darah.

Serat larut dalam apel membantu mencegah penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko aterosklerosis dan penyakit jantung.

Dalam sistem pencernaan, serat larut menempel pada partikel kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh, sehingga membantu mengurangi kadar kolesterol secara keseluruhan dan risiko penyakit jantung.

Di samping itu, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Februari 2020 menyebutkan makan 2 buah apel sehari membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Buah favorit Albert Einstein ini dapat menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian, serat dan antioksidan seperti polifenol yang terkandung pada apel seolah memiliki kekuatan magis untuk menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian menyebutkan makan apel 1-2 buah sehari dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung karena apel kaya akan pektin yang menghambat penyerapan kolesterol di usus.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Apel yang mengandung Vitamin C dapat membantu seseorang meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit, seperti flu, demam dan batuk.

Kandungan Vitamin C pada apel membantu fungsi sistem kekebalan tubuh dengan memperkuat penghalang epitel terhadap patogen dan menjaga tubuh dari stres oksidatif.

Demikian pula kandungan serat larut dalam apel memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas. Serat larut membantu mengubah sel-sel kekebalan yang pro-inflamasi menjadi anti-inflamasi dan meningkatkan imunitas.

  1. Meningkatkan kesehatan otak 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2006, apel dapat membantu meningkatkan kesehatan sekaligus memori otak. Jadi istilah satu apel sehari juga berlaku untuk memerangi penyakit otak, salah satunya demensia.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network