Sementara Konsultan Bisnis Digital dan Metaverse, Tuhu Nugraha, menyebut bahwa viralnya hastag itu menarik, karena ada sisi positif dari media sosial yaitu jadi bagian dari sistem kontrol sebagaimana halnya media dan jurnalis.
"Media sosial jadi alat suara publik untuk partisipasi dan melakukan pengawasan, walaupun secara esensi yang disuarakan (bisa) benar atau salah," katanya.
Tuhu menilai, dalam trending topic secara matematika adalah ketika banyak yang ngetweet.
"Itu bisa organik, (artinya) memang banyak yang ikut menyuarakan dan ngomongin untuk mencuri perhatian publik, terutama ke media," ujarnya.
Hastag BongkarSkandalBombaGroup viral pada awal Juli 2022.
"Beberapa hari lalu tagar Audit Bank BNI jadi trending topik, bikin heboh jagad Twitter. Pemicunya, @BNI yg milik @kemenBUMN ini diduga kucurkan pinjaman tanpa agunan triliunan rupiah ke perusahaan batu bara, PT Bomba Grup. @jokowi @KejaksaanRI @KPK_RI #BongkarSkandalBombaGrup” cuit pemilik akun @Adinda_Asmara2, salah satu netizen yang memviralkan hastag tersebut pada 2 Juli 2022.
Hingga kini, pihak BNI maupun Bomba Group belum memberikan penjelasan tentang hal tersebut.
Editor : Rohman
Artikel Terkait