Covid Kembali Naik di Depok dalam 2 Minggu Terakhir

Rinna Ratna P
Sejauh ini warga Depok yang terpapar subvarian BA.5 sebanyak empat orang berdasarkan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) (Foto: Ilustrasi)

DEPOK, iNewsDepok.id- Dalam dua pekan terjadi kenaikan kasus Covid-19 di Depok.  Kenaikan kasus ini merata di sejumlah wilayah. 

“Tren kenaikan terjadi pada 2 minggu terakhir, kemarin sudah diatas 100 dan ini memang trennya terjadi kenaikan,” kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana, Kamis (30/6).

Dadang menyebut, pemicunya dimungkinkan sama dengan wilayah lain. Sejauh ini warga Depok yang terpapar subvarian BA.5 sebanyak empat orang berdasarkan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS). 

“Dimungkinkan tadi subvarian baru BA.4 dan BA.5 karena peningkatannya cukup tinggi didalam satu dua minggu ini,” tukasnya.

Namun tidak semua yang terpapar menjalani pemeriksaan WGS dengan alasan tertentu. 

“Tidak semua diperiksa WGS-nya, karena harus memenuhi standar tertentu. Apakah (kenaikan kasus harian) ini memang pengaruh  subvarian baru, kita belum tahu karena yang terdeteksi baru empat orang,” tambahnya.

Kenaikan kasus juga dipicu mulai normalnya kegiatan masyarakat. Kerumunan di sejumlah tempat juga sudah mulai terlihat. 

“Kegiatan masyarakat sudah seperti normal dulu. Misal dimana kegiatan kerumunan aktivitas sosial sudah seperti biasa. Makanya perlu kewaspandaan jaga jarak yang saat ini sudah seperti biasa,” katanya.

Oleh karena itu dia mengimbau masyarakat untuk selalu memperketat protokol kesehatan. “Kita sudah menyampaikan pada masyarakat untuk tetap waspada prokes karena saat ini untuk kegiatan sudah hampir seperti biasa seperti new normal,” pungkasnya. 
 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network