get app
inews
Aa Read Next : Jadi Salah Satu Destinasi Favorit, Taman Nasional Komodi Hasilkan Rp41,05 Miliar di Tahun 2023

Murah Meriah dan Ada Ikan dari Amazon, Pengunjung Wisata SKI Membludak

Kamis, 05 Mei 2022 | 07:20 WIB
header img
Pengunjung wara-wiri dalam area Wisata SKI, Kota Bogor, Jawa Barat. Foto: iNews Depok

BOGOR, iNewsDepok.id - Libur panjang Hari Raya Idul Fitri yang dimulai sejak 29 April lalu hingga 9 Mei 2022 mendatang, membawa berkah bagi tempat-tempat wisata di wilayah Bogor, Jawa Barat, termasuk tempat Wisata Sumber Karya Indah (SKI) di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

"Sejak Lebaran pertama (2/5/2022) sudah penuh pengunjung, Pak, ratusan orang jumlahnya," kata Nunu, pegawai Wisata SKI, Rabu (4/5/2022).

Tempat wisata ini berkonsep One Stop Shopping, karena dalam kawasan tempat wisata ini pengunjung tak hanya dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan sebagaimana layaknya tempat wisata, tetapi juga dapat berbelanja tas dan sepatu.

Gerai tas dan sepatu tersebut berada di sisi selatan, menempati dua bangunan yang cukup besar, dan ada kantin di situ yang menjajakan beberapa jenis makanan, salah satunya makanan khas masyarakat Kabupaten dan Kota Bogor, yakni Tauge Goreng.

Untuk menjangkau Wisata SKI tidak terlalu sulit, karena Anda bisa menemukan tempat itu beberapa arah.

Jika Anda masuk melalui Jalan Pajajaran, Anda dapat berbelok ke Jalan Durian Raya lalu ke Jalan Raya Parung Benteng, karena Wisata SKI ada di jalan ini.

Namun, hati-hati, ujung Jalan Durian Raya yang menghubungkan ke Jalan Parung Benteng menanjak cukup tajam, dan ditanjakan itu Anda berbelok ke kiri untuk kemudian membelok ke kanan ke Jalan Parung Benteng di pertigaan yang ada di jalan itu.

Jika Anda masuk melalui Jalan Kolonel Ahmad Syam, Anda dapat masuk melalui Jalan Perum Pajajaran, lalu berbelok ke kiri dan langsung masuk ke Jalan Parung Benteng. 

Jalan Kolonel Ahmad Syam merupakan ruas jalan yang bersambungan dengan Jalan Pandu Raya/Jalan Achmad Adnawijaya yang mulutnya berada di perempatan Jalan KS Tubun, persis di seberang Mal Jambu Dua. 

Menuju Wisata SKI melalui Jalan Pandu Raya/Jalan Achmad Adnawijaya lalu ke Jalan Kolonel Ahmad Syam terhitung lebih nyaman dibanding melalui Jalan Pajajaran, karena selain ruas kedua jalan ini sangat lebar, juga tidak padat, sehingga arus kendaraan lancar, tidak seperti Jalan Pajajaran yang padat dan kerap macet, terutama di akhir pekan dan hari-hari libur, termasuk hari libur keagamaan seperti Hari Raya Idulfitri.

Jika Anda ingin ke Wisata SKI dengan angkutan umum, Anda dapat naik angkot bernomor 13 dengan rute Mutiara Bogor Raya (MBR) – Bogor Trade mall (BTM). Angkot ini melalui Jalan Pajajaran, Jalan Duren Raya dan Jalan Parung Benteng.

Wisata SKI memiliki satu keunggulan yang sulit ditemukan di tempat wisata yang lain, karena di tempat ini terdapat ikan raksasa dari Sungai Amazon, Amerika Selatan, yaitu ikan Arapaima Gigas.


Pengunjung tempat Wisata SKI menontoni ikan Arapaima Gigas yang berenang-renang di bawah air. Foto: iNews Depok

Ikan yang wujudnya mirip ikan Arwana ini memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Menurut Wikipedia, ikan Arapaima dewasa bisa memiliki panjang hingga 3 meter dengan bobot hingga 200 kilogram 

Ada sekitar 12 ekor ikan Arapaima Gigas dalam kolam Wisata SKI dengan panjang antara 1,5 hingga 3 meter.

Namun, hati-hati, ikan ini jenis ikan predator, sehingga jangan sekali-kali melemparkan makanan kepadanya ketika dia muncul ke permukaan, karena akan berbahaya. 


Kaum ibu menunggui anaknya bermain kincir angin. Foto: iNews Depok

Kolam di mana Arapaima Gigas hidup memiliki air berwarna coklat, tetapi jika pengunjung beruntung, mereka akan dapat melihat ikan raksasa itu berenang-renang di bawah air, atau memunculkan bagian atas tubuhnya yang memiliki sisik besar-besar, untuk kemudian menenggelamkan diri lagi ke bawah air.

Kolam itu bersebelahan dengan kolam-kolam lain yang diisi dengan Ikan Mas, Ikan Koi dan jenis ikan lain dalam jumlah ratusan, bahkan mungkin ribuan. Antara kolam Arapaima dengan kolam-kolam yang lain dibatasi jalan bersemen dengan ornamen batu koral.

Bila Anda mengunjungi Wisata SKI dengan membawa anak-anak, cukup banyak permainan yang dapat dinikmati di sini. Antara lain boogie kart, bola air, flying fox, lompat trampolin, happy plans, kincir angin, saung kelinci dan water park, tetapi setiap permainan ini tak dapat dinikmati secara gratis, karena setiap permainan dikenakan biaya Rp20 ribu hingga Rp50 ribu/orang.

Keistimewaan Wisata SKI yang lain adalah tempat wisata ini dikenal sebagai destinasi yang murah meriah karena pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Pengenaan biaya hanya untuk parkir motor sebesar Rp3.000/unit, mobil Rp5.000/unit, dan bus Rp10.000/unit.

Membludaknya pengunjung SKI selama Lebaran Idul Fitri selain terlihat dari jumlah pengunjung yang bersileweran, juga dari jumlah penjualan tiket setiap permainan.

"Meningkat pesat, Pak, dibanding hari-hari di luar lebaran. Apalagi saat pandemi Covid-19 masih parah-parahnya," ujar pegawai di arena permainan Happy Plane.

Menurut dia, saat pandemi sedang parah, sesuai instruksi pemerintah, jumlah pengunjung sepi, sehingga penjualan tiket sangat minim.

"Sejak lebaran pertama sampai sekarang, penjualan tiket rata-rata minimal 200 untuk Happy Plane," katanya.

 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut