get app
inews
Aa Text
Read Next : TCL National Dealer Gathering 2025: Momentum Perkuat Kemitraan dan Kenalkan Masa Depan Rumah Pintar

Ungkap Teknologi AC Paling Keren Langsung di Pabrik TCL Wuhan

Minggu, 19 Oktober 2025 | 09:10 WIB
header img
Raksasa teknologi, TCL Air Conditioner (AC), baru-baru ini mengundang delegasi media dari Indonesia untuk menyaksikan langsung jantung inovasi mereka.Foto: Ist

JAKARTA, iNeesDepok.id -Raksasa teknologi, TCL Air Conditioner (AC), baru-baru ini mengundang delegasi media dari Indonesia untuk menyaksikan langsung jantung inovasi mereka: TCL Air Conditioner Wuhan Intelligent Manufacturing Base. Kunjungan eksklusif tiga hari (22-24 September) ini sekaligus merayakan pencapaian global AC Udara Segar TCL yang kini menyandang gelar No. 1 dunia dalam penjualan selama tahun 2024, berdasarkan laporan dari Sunpower Consulting Group.

Peringkat teratas ini menjadi bukti komitmen TCL dalam menyediakan solusi udara yang sehat dan efisien. "Kami sangat bangga dengan posisi No. 1 ini. Ini mencerminkan kekuatan inovasi teknologi kami dan komitmen kami untuk menghadirkan udara yang lebih segar, sehat, dan pintar bagi setiap rumah tangga," ujar Evan Tang, CEO TCL Indonesia.

Pabrik di Wuhan, yang baru diresmikan Maret lalu, merupakan fasilitas canggih yang dibangun dengan investasi fantastis sebesar 3,42 miliar yuan. Pabrik ini bukan sekadar tempat produksi, melainkan pusat yang mengintegrasikan manufaktur cerdas, riset dan pengembangan (R&D) teknologi, logistik pintar, dan aplikasi digital.

Fasilitas tahap pertama ini sudah memiliki kapasitas tahunan sebesar 6 juta unit AC. Berkat platform Industrial Internet 6+1 dan sistem digital twin, efisiensi produksi diklaim meningkat hingga 15%. Pabrik ini bahkan memiliki 16 "pabrik gelap" (operasi otomatis 24/7) dan lini produksi khusus pertama di dunia untuk AC segar bebas debu.

Inovasi Menjawab Kebutuhan Konsumen

General Manager TCL AC, Xin’an Li, menjelaskan bahwa inovasi TCL didorong oleh tiga kekhawatiran utama pengguna AC sehari-hari: kualitas dan kesehatan udara, efisiensi energi, serta kebutuhan akan integrasi teknologi pintar.

Sejak meluncurkan Strategi Udara Segar Global pada 2021, TCL terus berinovasi. Produk unggulan seperti FreshIN 3.0 bahkan berhasil memenangkan “Smart Fresh Air Technology Innovation Award” di ajang CES 2025. Melanjutkan kesuksesan tersebut, tahun ini TCL memperkenalkan FreshIN C7, generasi kelima dari lini flagship FreshIN, yang menjanjikan pengalaman udara segar yang lebih optimal dengan desain modern dan fitur pintar.

Selain itu, komitmen TCL juga terlihat pada praktik manufaktur ramah lingkungan. Pabrik Wuhan menerapkan konsep "pabrik bebas limbah" (zero-waste factory) dengan nol emisi karbon dan nol limbah industri. Pabrik ini memanfaatkan panel surya seluas 94.800 m² yang mampu menghasilkan 9 juta kWh listrik per tahun, mengurangi emisi karbon dioksida secara signifikan.

Fokus Mendalam pada Pasar Indonesia

Saat ditanya mengenai pasar Tanah Air, Xin’an Li menegaskan komitmen strategis TCL yang kuat. Perusahaan telah mengambil langkah penting dengan melokalisasi produksi AC residensial di Indonesia dan bahkan mempertimbangkan untuk memperluas lokalisasi ke produk komersial.

"Dengan memproduksi secara lokal, kami dapat menyediakan produk yang lebih berkualitas dan hemat biaya untuk masyarakat Indonesia," jelas Li.

Strategi ini diwujudkan dengan peluncuran produk andalan di Indonesia, yaitu Gentle Cool Pro Series pada Agustus 2025. AC ini dirancang khusus untuk pasar lokal dengan fitur unggulan seperti teknologi AI+inverter yang hemat energi, aliran udara lembut, dan filter kesehatan 6-in-1, menjanjikan peningkatan pengalaman pendinginan yang menyeluruh bagi konsumen di Indonesia.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut