get app
inews
Aa Text
Read Next : Ekonom Sebut Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Sesuai Target, Optimisme 2026 Menguat

Tuah Nama Ibu Bawa Pisau Saku Victorinox Jadi Merek Global

Kamis, 02 Oktober 2025 | 12:38 WIB
header img
Kisah legenda Victorinox. Berkat tuah nama ibu serta ketekunan, inovasi, dan komitmen terhadap kualitas, produk yang diawali bengkel kecil 140 tahun lalu, kini jadi merek global. Foto: Ist

JAKARTA, iNews Depok.id - Kisah legenda Victorinox. Untuk mengenang sosok orang paling berjasa dalam usahanya, Karl Elsener I menamakan pisau saku dengan nama ibunya. 

Victorinox adalah kisah legenda. Berkat ketekunan, inovasi, dan komitmen terhadap kualitas, produk yang diawali bengkel kecil 140 tahun lalu, kini jadi merek global. 

Victorinox kini dikenal di seluruh dunia akan produk bermutu tinggi, mulai dari pisau saku hingga perlengkapan perjalanan.

Kisah Victorinox bermula pada tahun 1884 ketika Karl Elsener I membuka bengkel pembuat pisau di Ibach-Schwyz, Swiss. Visi Elsener adalah menyediakan pisau tentara untuk Angkatan Darat Swiss, sebuah tugas yang saat itu masih dipegang oleh perusahaan Jerman.

Pada tahun 1891, ia berhasil mendirikan Asosiasi Pembuat Pisau Master Swiss dan mulai memasok pisau prajurit pertama untuk tentara Swiss. Namun, ia tidak berhenti di situ. Elsener ingin menciptakan pisau yang lebih elegan dan serbaguna.

Pada tahun 1897, ia mematenkan "Swiss Officer's and Sports Knife" yang hari ini dikenal sebagai "Original Swiss Army Knife". 

Inovasi utamanya adalah mekanisme pegas yang cerdik, memungkinkan lebih banyak alat dipasang pada gagang pisau, menjadikannya lebih ringan dan ringkas.

Nama Victorinox sendiri adalah perpaduan dua kata yang memiliki makna mendalam bagi perusahaan. Pada tahun 1909, untuk mengenang ibunya, Victoria, yang merupakan pendukung aktif usahanya, Karl Elsener I memilih nama ini sebagai nama merek perusahaannya.

Pada tahun 1921, dengan penemuan baja tahan karat (stainless steel), yang dalam bahasa Prancis dikenal sebagai acier inoxydable dan disingkat "Inox", Elsener menggabungkan kata Victoria dan Inox.

Penggabungan ini menghasilkan nama merek dagang perusahaan yang kita kenal hingga kini yaitu Victorinox.

Victorinox, merek asal Swiss yang dikenal secara global sebagai pencipta Original Swiss Army Knife, kini secara resmi hadir di Indonesia melalui sebuah pop-up di Plaza Indonesia. 

Bekerja sama dengan LUXASIA Indonesia, pameran eksklusif dan interaktif ini menampilkan Swiss Army Knife & Tools berpresisi tinggi serta koleksi perlengkapan travel terbaru mereka.

Di pop-up ini, pengunjung dapat melihat langsung koleksi koper terbaru, Spectra 3.0, yang dibuat dari material polycarbonate daur ulang generasi terbaru. Koper ini dirancang fungsional, efisien, dan elegan dengan berbagai fitur cerdas seperti kompartemen depan yang mudah diakses dan ruang penyimpanan yang dapat diperluas. Koper ini mewujudkan keyakinan inti Victorinox: "Being Prepared Makes Life Better".

"Victorinox lebih dari sekadar merek, melainkan "cara berpikir" yang memprioritaskan kesiapan, performa, dan kepercayaan pada setiap produk," kata Hendra Purjaka, General Manager - Lifestyle, LUXASIA saat ditemui iNews Depok, Senin (29/09/2025) di Jakarta. 

"Kehadiran Victorinox sangat cocok bagi konsumen Indonesia yang dinamis dan menghargai desain serta kualitas prima," tutupnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut