Pacu Ekonomi Lokal, WikenFes 2025 Tampilkan UMKM agar Makin Produktif
CIREBON, iNews Depok.id - Untuk memacu ekonomi lokal, WikenFes 2025 menampilkan puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar makin produktif.
WikenFes 2025 berlangsung di Cirebon, 26-27 Juli 2025. WikenFes berlangsung di Grage City Mall, Cirebon.
Acara dimeriahkan Kangen Band, Pertelon Koplo, serta penampilan spesial dari Oomleo Berkaraoke feat Ghea Youbi.
Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat menampilkan 15 UMKM mitra binaan andalannya dengan ragam produk mulai dari kuliner khas, batik, kerajinan rajut, hingga produk serat alami.
Beberapa di antaranya adalah Batik Firly, Dolanan Yuk, Batik Indra, Zee Collection, Abiyyu Cake and Cookies, Merajut Asa Kita, MJ Abon Serat, Ocien Keripik Tempe, Yumana, Siliya, SyuKuri, Rinza Rajut, dan Bagore.
Selain menghadirkan bazar, Pertamina juga memanfaatkan momentum ini untuk mengedukasi masyarakat mengenai layanan digital MyPertamina, termasuk sosialisasi fitur transaksi nontunai, program loyalitas, serta pembagian e-voucher dan promo eksklusif selama acara berlangsung.
Sejumlah tenant UMKM juga telah menyediakan opsi pembayaran menggunakan aplikasi MyPertamina, sehingga memudahkan pengunjung bertransaksi secara praktis dan aman.
Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Susanto August Satria, menyampaikan rasa bangga atas terselenggaranya WIKENFES 2025 sebagai bentuk nyata dukungan terhadap pelaku UMKM dan promosi layanan digital Pertamina.
“WIKENFES 2025 merupakan bagian dari upaya nyata Pertamina dalam mendukung UMKM naik kelas dan membuka akses pasar yang lebih luas. Melalui ajang ini, kami ingin memperkuat peran UMKM dalam ekonomi daerah sekaligus memperkenalkan layanan digital MyPertamina secara langsung kepada masyarakat,” kata Satria.
Lebih lanjut, Satria menambahkan bahwa kegiatan ini mencerminkan pendekatan kolaboratif Pertamina dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal.
“Kami percaya bahwa pemberdayaan masyarakat harus dilakukan secara inklusif. Sinergi antara promosi produk lokal, literasi digital, dan hiburan publik seperti ini diharapkan mampu mempererat hubungan produsen dengan konsumen serta meningkatkan daya saing pelaku usaha lokal,” ujar Satria.
WIKENFES 2025 menjadi salah satu inisiatif strategis Pertamina dalam mendukung implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya poin 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) dan poin 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab), melalui pendekatan berbasis komunitas.
Editor : M Mahfud