get app
inews
Aa Text
Read Next : Otomotif : Ini Dia Motor Paling Irit, Paling Murah dan Bandel Jadi Kuda Pekerja Kumpulkan Rupiah

Otomotif: 2 Motor Trail Ini Cocok untuk Postur Rata-Rata Orang Indonesia, Tak Butuh Banyak Ubahan

Selasa, 08 April 2025 | 18:02 WIB
header img
KLX 230 S sebagaimana KLX 150 S memiliki tinggi jok sekitar 830 milimeter, lebih rendah dari kebanyakan motor trail yang beredar dengan ketinggian jok rata-rata 880 milimeter. Foto: Ist

DEPOK, iNews Depok.idMotor trail kembali ramai belakangan ini setelah bertahun-tahun lenyap tak ada produsen lokal yang menjual produk motor hobi ini.

Kini setidaknya ada 3 produsen besar yang menjual motor trail yakni Astra Honda Motor, Kawasaki Motor Indonesia, dan Yamaha Motor Indonesia.

Dari 3 produsen ini, Kawasaki yang paling aktif dengan menawarkan banyak varian motor trail. Sedangkan Astra Honda Motor melansir beberapa varian motor dan Yamaha Motor Indonesia baru satu varian.

Kawasaki memang menjadi pelopor motor trail dalam dekade terakhir di Indonesia. Awalnya Kawasaki melansir KLX 150 S yang kemudian diikuti berbagai varian baik yang bermesin 150 cc, 230 cc, 250 cc hingga varian KX untuk kompetisi. 

Untuk seri 150 cc saja, Kawasaki setidaknya meluncurkan 5 varian. Demikian juga sejumlah varian untuk mesin 230 cc dan 250 cc.

Paling lama berkecimpung di Indonesia, wajar jika Kawaski paling siap dan paling memahami kebutuhan orang Indonesia.

Kawasaki jadi satu-satunya produsen yang menyediakan 2 varian motor trail yang cocok untuk postur rata-rata orang Indonesia yang tingginya kurang dari 170 cm.

2 varian motor trail tersebut adalah KLX 150 S dan KLX 230 S. Arti kata S adalah short alias ground clearence jok ke tanah lebih rendah.

KLX 150 S dan KLX 230 S memiliki tinggi jok sekitar 830 milimeter, lebih rendah dari kebanyakan motor trail yang beredar dengan ketinggian jok rata-rata 880 milimeter.

Dengan tinggi jok 830 milimeter, orang yang bertinggi badan antara 160-170-cm bisa menaiki trail tanpa jinjit balet.

Dengan kaki bisa menapak ke tanah membuat risiko naik motor trail menjadi lebih aman. Jika kaki tak sampai ke tanah, risiko motor terguling lebih besar apalagi kalau di pakai di kepadatan lalu lintas.

Demikian 2 motor trail yang cocok dipakai rata-rata orang Indonesia yang memiliki tinggi badan kurang dari 170 cm, tanpa banyak ubahan pada motornya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut