DEPOK, iNews Depok.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, memberikan pelayanan masyarakat terkait pengaduan serta keluhan yang dapat diakses melalui laman Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor, Senin (9/12/2024).
SP4N Lapor merupakan laman resmi pemerintahan untuk menyampaikan pengaduan, aspirasi, serta keluhan terkait pelayanan publik di Indonesia.
Dari hasil laporan tersebut, nantinya akan masuk kedalam instansi pemerintahan atau perangkat daerah masing-masing yang sudah terlaporkan.
Namun perlu diketahui, terdapat 5 langkah yang harus diperhatikan ketika mengisi laman laporan ini untuk menghindari terjadinya kesalahan. Berikut simak penjelasannya:
1. Tulis Laporan
Jika kalian memiliki permasalahan ataupun keluhan yang ingin dilaporkan, kalian bisa mengisi kolom tersebut secara jelas dan lengkap pada laman lapor.go.id atau bisa mengunduh aplikasinya secara langsung.
2. Proses Verifikasi
Setelah mengisi kolom laporan, kalian akan menunggu verifikasi dalam beberapa hari yang akan diteruskan kepada instansi yang berwewenang.
3. Proses Tindak Lanjut
Ketika verifikasi telah disetujui, maka instansi yang berwewenang akan menindaklanjuti dan membalas laporan yang telah dibuat.
4. Beri Tanggapan
Setelah laporan kalian telah ditindaklanjuti oleh pihak yang berwewenang, maka kalian juga bisa menanggapi kembali dari balasan yang telah diberikan dengan batas waktu yang telah ditentukan.
5. Selesai
Jika semua pengaduan tersebut sudah lengkap dan jelas, maka laporan akan terus ditindaklanjuti hingga selesai.
Itulah 5 langkah yang harus diperhatikan ketika mengisi laman laporan tersebut, jangan lupa manfaatkan pelayanan ini jika kalian memiliki permasalahan yang harus dilaporkan.
Editor : Mahfud