Melihat dampak yang diberikan GenAI pada proses belanja, konsumen menggunakan AI di eCommerce lebih banyak dari industri lain, bahkan 85% pelanggan Indonesia rela membayar lebih untuk menggunakan AI di dalam platform eCommerce.
AI Expert & Co-Founder Feedloop.ai, Ajie Santika menjelaskan bahwa hal ini didorong oleh GenAI yang dapat menyederhanakan berbagai proses aplikasi ke dalam beberapa klik. “Selama ini kita sudah familiar dengan AI yang dapat melakukan sesuatu. Kini, perkembangan teknologi melahirkan GenAI untuk tidak hanya melakukan, tetapi juga membuat. GenAI dapat menganalisis kumpulan data yang sangat besar dan mempelajari polanya, lalu menghasilkan output yang baru. Teknologi ini tentunya akan sangat membantu produktivitas karena dapat menyederhanakan proses. Sebagai level yang lebih tinggi dari AI, GenAI memungkinkan proses yang lebih sederhana bagi pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari hanya dengan beberapa kali “klik”, seperti pada fitur-fitur yang ditawarkan Lazada,” terang Ajie.
Deals: AI Membantu Pelanggan Menemukan Penawaran Terbaik
Penawaran harga merupakan pendorong utama keputusan pembelian produk. Associate Director Kantar Indonesia, Ummu Hani, memaparkan, “Salah satu titik kesulitan pelanggan dalam berbelanja online adalah Fear of Missing Out (FOMO) atau takut melewatkan promo belanja (49%). Sejalan dengan data yang menunjukkan bahwa, setelah kualitas (57%), penawaran harga yang kompetitif merupakan pertimbangan utama keputusan pembelian produk oleh pelanggan (54%).”
Menanggapi temuan tersebut, Lazada kembali menghadirkan berbagai promo terbaik dan diskon terbesar pada 11.11 kali ini. Dengan kampanye bertajuk “11.11 Diskon Terbesar di Lazada”, terdapat voucher bonus hingga 1,1 juta, jaminan harga terendah dengan diskon sampai dengan 90%, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Promo tersebut akan dimulai dari tanggal 10 November pukul 20.00 hingga 15 November 2024.
Tidak hanya itu, Lazada juga memberikan hadiah spesial 11.11 untuk konsumen lewat program undian dengan hadiah utama 2 unit motor Yamaha NMax dan 1 unit mobil Hyundai Stargazer. Pelanggan juga berkesempatan mendapat iPhone 15 Pro Max dan TV 40 inci di live streaming dari kanal LazLive dalam aplikasi Lazada, yang berlangsung setiap hari selama promo Lazada 11.11 berlangsung.
Semua promo dan penawaran ini dapat diakses melalui berbagai fitur AI di Lazada yang memungkinkan adanya penawaran yang dikurasi, voucher eksklusif, dan integrasi 'koin’ sebagai potongan harga tambahan yang memastikan bahwa pembeli dapat mengakses harga bersaing untuk setiap transaksi.
“Sebagai platform yang berorientasi pada konsumen, pembaruan AI kami turut memfasilitasi pelanggan untuk mendapatkan berbagai penawaran dan mengakses harga bersaing untuk produk yang diincar serta memastikan pelanggan tidak melewatkan penawaran yang kami sajikan, termasuk pada 11.11 Diskon Terbesar di Lazada,” tambah Amelia.
Decision Making: Pilihan Belanja yang Lebih Cerdas
Temuan Lazada mengungkapkan bahwa 62% pelanggan Indonesia melihat ulasan produk dan penjual sebagai pertimbangan utama saat berbelanja online, yang tertinggi di antara negara lain di Asia Tenggara. Melanjutkan temuan ini, AI Lazzie sebagai pembaruan GenAI Lazada dirancang untuk membuat konten unik dengan memanfaatkan ulasan produk, yaitu menonjolkan poin penjualan utama produk, serta memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan preferensi pelanggan. Selain itu, untuk mempercepat proses pengambilan keputusan, AI Lazzie dapat menjawab pertanyaan pembeli setiap saat yang nantinya dapat menghasilkan peningkatan konversi pesanan dan kepuasan, serta membangun loyalitas pelanggan.
“AI Lazzie, asisten belanja pribadi yang aktif 24/7 dapat meningkatkan penjualan dan konversi yang nantinya mendorong pertumbuhan bisnis para seller di Lazada. Keyakinan kami atas inovasi ini berasal dari komitmen untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang dengan selalu beradaptasi dan meningkatkan resiliensi. Kami tetap berfokus menciptakan nilai tambah bagi penjual dan pelanggan,” tutup Amelia.
Editor : M Mahfud