get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kompetensi SDM Pertanian, Kementan Gelar Bimtek Pemagangan Untuk Petani Muda Kalimantan

Cegah Urbanisasi, Kementan Kuatkan Program Regenerasi dan Modernisasi Pertanian di Kalsel

Kamis, 24 Oktober 2024 | 02:02 WIB
header img
SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai PPIU Kalimantan Selatan kembali menguatkan informasi terkait Program YESS. Foto: Tangkapan Layar

BANJARMASIN, iNews Depok.id - Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan untuk Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) Kementerian Pertanian (Kementan), kembali mensosialisasikan Program YESS khususnya di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kali ini SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai PPIU Kalsel kembali menguatkan informasi terkait Program YESS di TVRI Kalimantan Selatan pada Selasa, (22/10/2024), dengan program “Selamat Pagi Borneo”.

SMK-PP Negeri Banjarbaru mengirimkan dua narasumber yaitu Manager PPIU Kalsel, Angga Tri Aditia Permana, dan Petani Muda penerima manfaat Program YESS dari Kabupaten Banjar, yaitu Dahliani. 

Dalam bincang-bincang ini, Angga menyampaikan Program YESS dijalankan pada empat provinsi di Indonesia, antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. Untuk Kalimantan Selatan sendiri terdapat empat kabupaten yang menerima manfaat dari program ini, di antaranya Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Hulu Sungai Selatan.

"Desain Program YESS yang berjalan ada empat yang reguler, pertama motivasi bisnis, kemudian kedua ialah start up, ketiga adalah literasi keuangan lanjutan, dan terakhir keempat yaitu proposal bisnis,” kata Angga, seperti dikutip Rabu (23/10/2024).

“Melalui program YESS harapannya akan terwujud regenerasi pertanian, meningkatnya kompetensi sumber daya manusia dari perdesaan, meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian. Sehingga pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan, dan dapat berdampak pada penurunan angka pengangguran serta terjadinya urbanisasi,” imbuh Angga.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut