get app
inews
Aa Read Next : Lanjutkan Regenerasi Petani, Kementan Komitmen Bersama Pemkab Tanah Laut

Tingkatkan Kompetensi SDM Pertanian, Kementan Gelar Bimtek Pemagangan Untuk Petani Muda Kalimantan

Rabu, 23 Oktober 2024 | 14:41 WIB
header img
Kegiatan bimtek magang petani muda di Kalimantan oleh Kementan. Foto: Ist

KAPUAS, iNews Depok.id - Program regenerasi petani dan penumbuhan jiwa wirausaha pertanian menjadi fokus dari program Kementerian Pertanian (Kementan), salah satunya dengan bimbingan teknis (bimtek) program magang untuk petani muda di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Youth Enterpreneurship and Employment Services (YESS) yang merupakan kerjasama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Program YESS di Kalsel dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan.

Seperti disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, Kementan terus berupaya meningkatkan produksi pangan strategis. Hal ini tentunya perlu dukungan dari SDM pertanian yang memiliki potensi besar yang berasal dari usia produktif.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Idha Widi Arsanti menegaskan bahwa program YESS menjadi salah satu barometer menciptakan petani milenial yang bisa memberdayakan sumber daya alam dengan kekuatan sumber daya manusia di dunia bisnis bagi pemuda tani di pedesaan.

"Diharapkan SMK-PP Negeri Banjarbaru yang menjadi perpanjangan tangan Program YESS di Kalimantan Selatan dapat berkoordinasi dengan baik kepada pemerintah kabupaten penerima manfaat YESS, agar target target dari program YESS dapat tercapai dengan baik," kata Idha dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/10/2024).

Selain itu Program YESS juga mendukung pertanian modern yang dilaksanakan oleh Kementan, yang salah satunya dilaksanakan di Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Salah satu dukungannya melalui kegiatan “Pemagangan Dalam Negeri di Provinsi Kalimantan Tengah”.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut