get app
inews
Aa Read Next : Utusan Presiden Rusia dan Presiden Amerika Serikat, Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran di Jakarta

Calon Wali Kota Supian Suri Ungkap Rencana Besar Atasi Masalah Pendidikan di Depok

Minggu, 20 Oktober 2024 | 15:46 WIB
header img
Kampanye Supian Suri di Pasir Putih, Kecamatan Sawangan. (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNews Depok. id - Calon Wali Kota Depok nomor urut, Supian Suri, berjanji akan mengatasi masalah pendidikan di Kota Depok, khususnya terkait sistem zonasi yang selama ini dinilai kurang optimal. Menurutnya, pendidikan di Depok belum siap sepenuhnya menerapkan metode zonasi yang saat ini diterapkan di berbagai wilayah Indonesia.

“Masalah zonasi menjadi momok bagi warga Depok. Pendidikan kita belum siap untuk menghadapi metode zonasi ini,” kata Supian Suri, di Sawangan, Minggu (20/10/2024).

Supian menyoroti pentingnya pemerataan akses pendidikan, terutama untuk sekolah negeri di Depok. Ia menegaskan bahwa saat ini jumlah sekolah negeri di kota tersebut, baik tingkat SMP maupun SMA, masih terbatas dan tidak merata. 

“Kita harus memberikan pemerataan terhadap sekolah negeri yang ada di Kota Depok, baik SMP maupun SMA,” tambahnya.

Lebih lanjut, Supian mengungkapkan bahwa sejak tahun 1999 hingga 2024, Depok hanya memiliki satu madrasah aliyah negeri dan satu madrasah tsanawiyah negeri. Kondisi ini membuat warga yang ingin menyekolahkan anak-anak mereka di madrasah seringkali harus pergi ke Jakarta atau Bogor.

“Jangan sampai warga Depok mau sekolah madrasah harus ke luar kota. Ini menjadi perhatian serius bagi kita semua,” tegasnya.

Supian berjanji, jika terpilih menjadi wali kota, ia akan memastikan lahan untuk pembangunan SMA, SMK, serta madrasah aliyah dan tsanawiyah negeri di Depok. Kolaborasi dengan pemerintah provinsi dan Kementerian Agama (Kemenag) akan dilakukan untuk merealisasikan rencana tersebut.

“Kita harus hadir untuk warga Depok. Kita akan siapkan lahan untuk pembangunan SMA dan SMK di Depok, sehingga pemerataan bisa tercapai,” ujarnya penuh optimisme.

Selain itu, Supian yakin dengan pengalamannya 25 tahun di pemerintahan dan didukung 12 partai politik, ia dapat membangun sinergi yang baik dengan Kemenag untuk menghadirkan lebih banyak madrasah aliyah dan tsanawiyah negeri di Depok. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan akses pendidikan agama khususnya yang merata di seluruh wilayah.

Dengan solusi tersebut, Supian berharap tidak ada lagi anak-anak Depok yang kesulitan mencari sekolah, baik sekolah umum maupun sekolah berbasis agama. 

“Insya Allah, kolaborasi dengan semua pihak akan mewujudkan impian kita untuk menghadirkan aliyah negeri dan tsanawiyah negeri di Depok,” pungkasnya.

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut