get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kekuatan dan Massa Otot untuk Hari Tua Lebih Aktif, Bahagia, dan Sehat Lebih Lama

Dari Sirup ke Gaya Hidup Sehat, Kisah Inspiratif 50 Tahun Tropicana Slim

Sabtu, 12 Oktober 2024 | 16:41 WIB
header img
Syukuran 50 tahun Tropicana Slim di Nutrifood Inspiring Center, Menteng Square, Jakarta Pusat, Sabtu, 12 Oktober 2024. Foto: Novi

JAKARTA, iNews Depok.id – Siapa sangka kalau Tropicana Slim, merek gula sehat ini ternyata awalnya merupakan sebuah produk sirup. Ya, dimulai di Semarang tahun 1974 silam atau 50 tahun lalu, produk sirup Tropicana Slim hadir.

“Dawali dengan produk sirup Tropicana Slim, sirup bebas gula yang diluncurkan pada tahun 1974 di Semarang sebagai wujud keprihatinan pendiri akan keluarganya yang memiliki diabetes karena suka yang manis-manis, kini di usia ke 50 tahunnya, produk gula Tropicana Slim merupakan salah satu produk unggulan yang sudah dinikmati di lebih dari 30 negara di dunia. Selain itu, Tropicana Slim juga senantiasa meluncurkan berbagai produk baru yang inovatif, seperti beras porang, minuman oat, minuman almond, hingga minuman kolagen, yang semuanya diformulasikan bebas gula namun tetap nikmat rasanya,” tutur Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim saat acara syukuran 50 tahun Tropicana Slim yang digelar di Nutrifood Inspiring Center, Menteng Square, Jakarta Pusat pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

Dalam perayaan 50 tahun perjalanan Tropicana Slim ini, kita diajak untuk merenungkan betapa jauh produk ini telah bertransformasi dari sekadar pemanis rendah kalori menjadi pelopor gaya hidup sehat di Indonesia. Melalui inovasi yang tak pernah berhenti, Tropicana Slim telah berhasil merevolusi cara kita memandang gula dan makanan sehat.

Dimulai dari sebuah kebutuhan pribadi akan minuman manis tanpa gula, Tropicana Slim telah berkembang menjadi merek yang menawarkan beragam produk rendah gula dan bebas gula.

Bagaimana Tropicana Slim Mampu Bertahan Hingga 50 Tahun?

Menurut Novi, mereka selalu mendengarkan apa kata konsumen. “Semua inovasi yang kita lakukan itu asalnya dari konsumen. Selalu perhatikan apa yang konsumen mau. Penting juga untuk kita selalu mau hadir, mengikuti zaman, dan konsumen punya channel untuk menghubungi kita. Sekarang ini zamannya TikTok dan IG, konsumen DM kita, itu selalu kita respons. Ada yang minta kita untuk bikin saus tiram, mayonnaise, bahkan sambal terasi, semua kita dengar,” kata Novi.

Mendengar semua permintaan konsumen, tak heran hingga kini mereka pun sudah memiliki total sebanyak 68 produk di luar varian yang besar-besar seperti untuk restoran dan hotel-hotel. “Lengkap, mulai dari minyak, saus, kecap, teh, kopi, cookies, shirataki, mie instan, nasi uduk, beras porang, produk serat, dan lain sebagainya yang tentu saja semuanya bebas gula, rendah garam dan lemak,” tandas Novi.

Tak hanya hadir dan mendengar konsumen, lanjut Novi, mereka juga melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. “Saat ini zamannya orang suka ke café, kami pun berkolaborasi dengan café, restoran, toko kue, gerai makanan dan minuman, UMKM, dan lain sebagainya,” terang Novi.

Satu lagi yang tak kalah penting, Tropicana Slim juga rutin melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, khususnya terkait penyakit diabetes, jantung, dan hipertensi.

Menjadi bagian dalam penggerak gaya hidup sehat, Tropicana Slim juga berkolaborasi dengan komunitas-komunitas kesehatan di seluruh Indonesia.

Vivi dari Jakarta Vegetarian Club mengaku sangat terbantu dengan adanya produk-produk yang lengkap dari Tropicana Slim. “Mereka kreatif dan inovatif, seperti produk susu nabati, kalau yang lain hanya ada rasa cokelat dan vanila, mereka punya susu nabati rasa melon yang benar-benar enak dan segar. Selamat 50 tahun semoga makin banyak inovasi membuat produk enak yang dibutuhkan masyarakat untuk menjaga kesehatan,” ucap Vivi.


Ki-ka: Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim dan Eko Kusnadi, Ketua Yayasan Jantung Indonesia Jakarta Pusat. Foto: Ist

 

Mutiara dari komunitas Sobat Diabet yang sudah berkolaborasi dengan Tropicana Slim sejak tahun 2014 merasa sangat terbantu dalam usaha mereka menyebarkan awareness tentang penyakit diabetes yang saat ini juga sudah mulai menyerang anak-anak muda. “10 Oktober kemarin ternyata Tropicana Slim sudah 50 tahun. Selamat, ya! Terima kasih atas inovasinya,” kata Mutiara.

Eko Kusnadi sebagai Ketua Yayasan Jantung Indonesia Jakarta Pusat yang turut hadir, mengaku kalau ia sudah minum sirup Tropicana Slim sejak lama. Meski kini sudah berusia 85 tahun, Eko masih terlihat aktif, sehat, dan bugar. “Setiap pagi saya berenang 1500 m selama 45 menit dan seminggu sekali saya juga bersepeda di GBK,” ujar Eko.

50 tahun tentu bukanlah waktu yang singkat bagi sebuah merek untuk bertahan dan terus berkembang. Tropicana Slim telah membuktikan bahwa dengan inovasi yang berkelanjutan dan komitmen terhadap kesehatan masyarakat, sebuah merek dapat memberikan dampak positif yang signifikan. Kisah sukses Tropicana Slim menjadi inspirasi bagi kita semua untuk hidup lebih sehat dan menjaga lingkungan.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut