get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini Dalam Sejarah: Tragedi Paiton, Kecelakaan Bus Yang Tewaskan Puluhan Siswa Asal Jogja

Atasi Macet di Jalan Kartini, Supian Suri Siapkan Solusi Ini

Selasa, 08 Oktober 2024 | 08:53 WIB
header img
Calon wali kota Depok nomor urut 2, Supian Suri, siap atasi kemcetan Jalan Kartini, Pancoran Mas, Depok. (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNews Depok. id - Kemacetan di Jalan Kartini menuju Grand Depok City (GDC) dan sebaliknya terus menjadi keluhan warga. 

Dalam jam-jam sibuk, perjalanan dari Jalan Kartini hingga GDC bisa memakan waktu hingga satu jam. Menanggapi hal ini, calon Wali Kota Depok, Supian Suri, memaparkan solusi yang akan ia ambil jika terpilih nanti.

Menurut Supian, salah satu sumber kemacetan di Jalan Kartini adalah keluar masuknya penumpang di sekitar Stasiun Depok Lama. Selain itu, keberadaan angkot dan ojek online (ojol) yang ngetem di area tersebut turut memperparah kondisi lalu lintas.

"Kita harus mencari solusi bagaimana angkot itu bisa ngetem, tetapi tidak membuat kemacetan. Untuk itu, kita perlu menyediakan ruang khusus untuk mereka," ujar Supian, menanggapi keluhan warga, Selasa (8/10/2024).

Ia menjelaskan bahwa selain ruang khusus ngetem bagi angkot, perlu juga dibuat shelter bagi ojek online agar tidak menghambat arus lalu lintas. "Jika ada shelter yang memadai, teman-teman ojol tidak perlu menunggu penumpang di pinggir jalan, sehingga lalu lintas bisa lebih lancar," jelasnya.

Supian menegaskan, jika ia terpilih menjadi Wali Kota Depok, dua langkah ini akan menjadi prioritasnya dalam mengatasi kemacetan di Jalan Kartini. "Insya Allah, saya siapkan shelter buat ojol dan ruang parkir khusus untuk angkot. Mudah-mudahan dua hal ini sudah bisa mengurangi kemacetan," katanya optimistis.

Seorang warga Depok, Berti (41), mengeluhkan lamanya waktu yang harus ditempuh saat melintas di Jalan Kartini. "Kalau di jam sibuk, dari Kartini ke GDC bisa sampai 1 jam, parah (macetnya)," katanya kepada iNews Depok, Senin (7/10/2024) petang.

Selain penataan angkot dan ojol, Supian juga menyoroti masalah U-turn (putaran balik) yang sering menjadi sumber kemacetan. "U-turn di area itu perlu diatur ulang, apakah kita alihkan dulu ke Jalan Pemuda, atau kita lakukan rekayasa lalu lintas lainnya," jelasnya.

Ia menambahkan, penyelesaian kemacetan di Jalan Kartini memerlukan fokus dan perhatian serius dari pemerintah. "Kalau semua dibiarkan seperti sekarang, kemacetan ini tidak akan pernah selesai kapan pun," ungkap Supian.

Langkah-langkah yang direncanakan Supian diyakini dapat mengurangi signifikan kemacetan di area tersebut. "Dua poin itu, ngetem angkot dan shelter ojol, akan sangat membantu," pungkasnya.

Warga berharap solusi yang ditawarkan Supian bisa segera direalisasikan untuk mengatasi kemacetan yang setiap hari mengganggu aktivitas mereka.

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut