get app
inews
Aa Read Next : Berdayakan UMKM, Melli Darsa Center Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis di SD Negeri 2 Gunung Batu

Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Ingatkan Kepala Bapanas Baru Harus Sosok Mumpuni

Jum'at, 27 September 2024 | 14:40 WIB
header img
Pemerintahan Prabowo-Gibran diingatkan untuk mencari sosok  yang mempuni untuk menjabat Kepala Bapanas yang baru. Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diingatkan untuk mencari sosok  yang mempuni untuk menjabat Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang baru sehingga urusan pangan terutama beras untuk rakyat menjadi lebih baik.

“Sosok yang mumpuni lah (pengganti Arief Prasetyo Adi). Penggantinya juga harus sosok profesional,” kata ekonom Ferry Latuhihin, Jumat, 27 September 2024.  

Ferry yang juga Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 menjelaskan, dari data teranyar Bank Dunia yang membeberkan hasil survei yang menyebut harga beras di Indonesia tertinggi di ASEAN namun kesejahteraan petaninya sangat jeblok.

“Sosok yang mumpuni lah (pengganti Arief Prasetyo Adi). Penggantinya juga harus sosok profesional,” tegas Ferry.

Ferry mengingatkan pentingnya orang yang tepat dan memiliki kemampuan untuk mengisi pos sebagai Kepala Bapanas. “Terkait masalah institusi (Bapanas) tentu masalah manpower. The right man on the right place,” kata dia.

Ferry tak menampik masalah terbesar dari mahalnya harga beras saat ini lantaran kegagalan Bapana untuk membuat Indonesia terbebas dari jeratan impor. Karena jeratan impor itu, kata Ferry, membuat importir dengan leluasa menentukan harga beras di Indonesia.

“Importir yang menentukan harganya. Makanya jadi mahal. Kedua, supply beras dalam negeri juga dikuasai pemain dan tengkulak besar. Ini masalah institusional yang harus dibenahi oleh pemerintah baru nanti,” pungkasnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut