get app
inews
Aa Read Next : 19 Tahun Berinovasi, GMTractors Siap Memimpin Masa Depan Pertambangan Indonesia Ramah Lingkungan

Lebih dari 40 Pengusaha UKM Indonesia Ikut Pameran House of Handicraft Indonesia di Tokyo

Rabu, 25 September 2024 | 21:39 WIB
header img
Pameran program House of Handicraft Indonesia di Tokyo Jepang (HHT) menjadi sarana produk UKM Indonesia menembus pasar internasional lewat Tokyo. (Foto: ist)

TOKYO, iNews Depok. id - UKM Indonesia mampu menembus Jepang untuk memamerkan produknya. Pameran program House of Handicraft Indonesia di Tokyo Jepang (HHT) menjadi sarana produk UKM Indonesia menembus pasar internasional lewat Tokyo. 

“Saya jadi semangat berbisnis saat ini untuk pasar internasional setelah ikut serta ke dalam HHT tersebut,” kata Maria Caecillia Nurcahya, Direktur Canela Home Decorative/Furniture and Home Decor, Rabu (25/9/2024).

Maria, mengaku seraya keuntungan yang diperoleh para peserta lumayan, karena transaksi yang diperoleh ada yang lebih dari Rp50 juta.

Menurut Maria, yang jadi salah satu peserta HHT dari 40 UKM yang ada, upaya HHT untuk memasyarakatkan UKM Indonesia lewat jalur based di Tokyo Jepang sangatlah penting dan berarti sekali.

Selama ini Tokyo atau Jepang mempunyai standar produk yang setara dengan kawasan Eropa Barat, sehingga para pejuang UKM Indonesia tidak mudah. Lewat kerjasama dengan NGO dan pemerintah semua dapat dilalui degan lancar.

“Bagi kami merupakan satu kepercayaan tinggi melalui Jepang, kita bisa lebih mulus lagi berbisnis ke berbagai penjuru dunia,” tuturnya.

Jepang menjadi penting karena dikenal secara luas di dunia. 

“Bagi kita semua pun bukan hanya dapat menjadikan Jepang sebagai based pemasaran internasional tetapi juga bisa mengangkat nama Indonesia lewat Jepang berkat Made in Indonesia yang diperdagangkan di Jepang dan semakin meluas pemasarannya di Jepang,” ujar Maria. 

Rasanya kalau diteliti, tambahnya lagi, tidak ada yang negatif apa pun dengan memasarkan produk Indonesia lewat Jepang. Peserta UKM lainnya dapat pula ikut gabung ke HHT. 

“Oleh karena itu saya yakin sepenuhnya dan baru-baru ini menjadi anggota HHT karena percaya melalui saluran showcase inilah kita semua para UKM Indonesia bisa lebih maju dari saat ini dengan kaki kita sendiri. Bahkan tentu saja nama brand usaha kita akan semakin berkibar lebih luas lagi di berbagai penjuru dunia nantinya,” harap Maria. 

Penyelenggara HHT sebuah perusahaan Jepang, Office Promosi Ltd juga berharap para UKM Indonesia dapat lebih sukses lagi dalam upayanya memasarkan produk Made Indonesia di Jepang nantinya.

“Kita memang rencanakan dengan baik dan teliti serta menyesuaikan diri dengan situasi lingkungan bisnis yang ada di Jepang sehingga produk Indonesia dapat diterima di masyarakat Jepang,” ungkap Richard Susilo, CEO Office Promosi Ltd., Tokyo Japan, Rabu.

HHT merupakan kantor bersama para UKM Indonesia di Tokyo Jepang yang mendapatkan dukungan penuh dari pihak KBRI Tokyo dan semakin banyak diminati oleh para UKM Indonesia saat ini guna bergabung bersama di HHT.

Dengan menyewa di HHT para UKM Indonesia dapat memperoleh alamat dan nomor telepon Jepang sehingga dapat dicantumkan ke dalam kartu namanya sebagai Kantor Perwakilan perusahaan atau UKM Indonesia itu di Tokyo.

Apabila memiliki kantor cabang di Tokyo, akan semakin mudah mendapatkan kepercayaan bagi transaksi bisnis dalam negeri di Jepang.

Di kantor HHT tersebut juga dapat melakukan transaksi dagang, lokakarya, seminar, penataran peningkatan kualitas UKM Indonesia dan berbagai hal layaknya sebuah kantor sehingga kualitas UKM Indonesia dapat meningkat dengan terukur di masa mendatang guna lebih mudah mencapai pemasaran dunia.

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut