get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi UOB dan Telkomsel untuk Tingkatkan Gaya Hidup Digital, Seperti Apa?

UOB Indonesia Optimis terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Rabu, 25 September 2024 | 20:38 WIB
header img
UOB Economic Outlook 2025 “Ushering a New Dawn for A Remarkable Indonesia” Rabu, 25 September 2024 di Jakarta. Foto: Novi

JAKARTA, iNews Depok.id - UOB Indonesia melihat masa depan ekonomi Indonesia sangat cerah. Dalam acara tahunan UOB Economic Outlook 2025 dengan tema “Ushering a New Dawn for A Remarkable Indonesia” yang digelar pada Rabu, 25 September 2024 di Kempinski Grand Ballroom, West Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, bank ini memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus melaju kencang di tahun-tahun mendatang, didukung oleh kebijakan pemerintah yang tepat sasaran dan perkembangan sektor keuangan.

Menurut UOB, kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia terletak pada kebijakan fiskal yang efektif. Pemerintah Indonesia diharapkan akan lebih fokus pada pembangunan infrastruktur, pengembangan industri, dan dukungan terhadap sektor teknologi untuk mendorong pertumbuhan yang lebih kuat dan berkelanjutan. Selain itu, pendalaman sektor keuangan juga akan menjadi faktor penting dalam menarik investasi dan memperluas basis ekonomi.

Potensi Pertumbuhan yang Besar

Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar. Dengan populasi yang muda dan pasar domestik yang kuat, Indonesia memiliki semua elemen yang diperlukan untuk menjadi salah satu ekonomi terbesar di dunia. Namun, untuk mencapai potensi penuhnya, Indonesia perlu terus melakukan reformasi struktural dan meningkatkan produktivitas.

Meskipun prospeknya cerah, Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan, seperti fluktuasi harga komoditas dan ketidakpastian global. Namun, UOB tetap optimis bahwa Indonesia mampu mengatasi tantangan tersebut dan mencapai tujuan pembangunannya.

UOB Indonesia memproyeksikan PDB Indonesia akan tumbuh sebesar 5,2 persen pada tahun 2024 dan 5,3 persen pada tahun 2025, didorong oleh kebijakan fiskal strategis yang tepat sasaran dan pendalaman finansial di tengah meningkatnya tantangan global.

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, menyampaikan pidato pembukaannya yang dihadiri oleh lebih dari 600 investor, pemimpin dunia usaha, dan pejabat pemerintah. “Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di ASEAN, Indonesia siap memanfaatkan keunggulan demografis dan stabilitas politik untuk mempercepat pertumbuhan yang berkualitas tinggi dan berkelanjutan,” ucapnya.

Pertumbuhan Indonesia yang konsisten sebesar 5 persen selama beberapa tahun terakhir menunjukkan potensi negara untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Enrico Tanuwidjaja, ASEAN Economist UOB mengatakan, "Kami mengantisipasi pemerintahan baru akan menerapkan kebijakan fiskal yang memiliki dampak besar dan tepat sasaran, berfokus pada infrastruktur, industri hilir, dan sektor teknologi untuk mendorong pertumbuhan yang lebih kuat dan berkelanjutan. Sementara itu, permintaan dalam negeri, belanja modal, dan ekspor yang kuat diperkirakan akan terus mendukung perekonomian hingga akhir tahun 2024 dan seterusnya.”

Perekonomian Indonesia tumbuh baik didukung oleh konsumsi rumah tangga yang menyumbang setengah dari PDB Negara. Namun, Indonesia masih memiliki peluang pertumbuhan yang belum dimanfaatkan melalui investasi bernilai tambah dan kebijakan fiskal strategis yang mendorong produktivitas dan ekspansi ekonomi.

Inisiatif pemerintah, seperti hilirisasi mineral dan pertambangan serta proses penambahan nilai, promosi pariwisata, dan relokasi ibu kota ke Nusantara, mendukung optimisme tersebut.

Di sisi eksternal, aliran investasi asing langsung (FDI) yang stabil dan surplus perdagangan kuat sejak tahun 2020 akan semakin mendorong pertumbuhan dan memperluas basis ekonomi. “Ke depan, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tahunan sebesar 7-8 persen atau lebih serta mewujudkan visi Indonesia berpenghasilan tinggi pada tahun 2045 memerlukan komitmen yang kuat terhadap kebijakan fiskal, pasar finansial yang mendalam, dan reformasi struktural. Kami percaya bahwa sejumlah langkah ini akan membuka potensi ekonomi Indonesia yang besar untuk menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat dan tujuan utama investasi global,” kata Enrico.

UOB Indonesia meyakini bahwa Indonesia berada di jalur yang tepat untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkelanjutan. Dengan kebijakan yang tepat dan dukungan dari semua pihak, Indonesia dapat menjadi salah satu kekuatan ekonomi utama di dunia.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut