get app
inews
Aa Read Next : Revisi UU Desa Resmi Disahkan, Ini Manfaat untuk Perangkat dan Pekerja Ekosistem Desa di Indonesia

Benda Langit Misterius Melintas di Langit Depok! Benarkah Meteor Jatuh?

Senin, 24 Juni 2024 | 15:40 WIB
header img
Ilustrasi: Pixibay

DEPOK, iNews Depok. id - Heboh! Benda langit misterius melintas di langit Depok pada Minggu (23/6/2024) malam, membuat geger warga. Di media sosial ramai beredar kabar bahwa benda tersebut adalah meteor yang jatuh.

Peneliti Astronomi dan Astrofisika dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Thomas Djamaludin, angkat bicara terkait fenomena ini. Beliau menjelaskan bahwa hal tersebut bisa jadi adalah meteor, karena di sekitar bumi memang banyak batuan sisa pembentukan tata surya.

"Meteor adalah hal yang biasa terjadi. Ketika batuan sisa ini berpapasan dengan bumi, mereka akan terbakar di atmosfer," ujar Prof. Thomas, Senin (24/6/2024).

Ciri khas meteor adalah cahayanya yang terang dan melintas dengan kecepatan tinggi. Warna cahayanya pun beragam, tergantung komposisi kimianya. Prof. Thomas menjelaskan bahwa warna hijau pada meteor yang terlihat di Depok kemungkinan berasal dari unsur magnesium yang terkandung di dalamnya.

Namun, Prof. Thomas belum bisa memastikan apakah benda langit yang dilihat warga Depok benar-benar meteor. Beliau membutuhkan bukti foto atau video untuk memastikannya.

"Saya tidak bisa memastikan kesaksian warga, kecuali bila laporan warga disertai dengan foto/video," ungkap Prof. Thomas.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut