get app
inews
Aa Read Next : Lambang D, Dukungan dr Farabi dan Para Tokoh pada Kelanjutan Pembangunan Depok

Generasi Muda Depok Terancam Gagal Hafal Lagu Indonesia Raya? Kesbangpol Ambil Langkah Jitu!

Kamis, 20 Juni 2024 | 17:29 WIB
header img
Ilustrasi Bendera Merah Putih. (Foto: ist)

DEPOK, iNews Depok. id - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok gencar melakukan upaya menanamkan wawasan kebangsaan dan karakter Pancasila kepada generasi muda. Hal ini penting dilakukan untuk melahirkan penerus bangsa yang tangguh dan berintegritas, serta mampu menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kepala Kesbangpol Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny, mengungkapkan keprihatinannya atas hasil survei nasional yang menunjukkan bahwa sekitar 20% remaja atau generasi muda di Indonesia belum hafal lagu Indonesia Raya. Hal ini menjadi dorongan kuat bagi Kesbangpol Depok untuk meningkatkan intensitas program edukasi dan pembinaan karakter bagi generasi muda.

"Yang kami sampaikan tadi itu survey nasional. Untuk di Depok belum dilakukan survey. Kalau survey yang dilakukan tadi itu di tingkat nasional, itu sekitar 20 persenan (remaja atau generasi muda belum hafal lagu indonesia raya)," ujar Lienda, saat bersilahrurahmi ke Sekretariat PWI Depok, Kamis (20/6/2024).

Kesbangpol Kota Depok tidak tinggal diam dalam menghadapi situasi ini. Berbagai program telah dan akan dijalankan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, semangat nasionalisme, dan pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda.

Beberapa program tersebut antara lain: kampanye wawasan kebangsaan, kemah muda kebangsaan, pelatihan bela negara, dan pembentukan purna Paskibraka yang tergabung dalam Duta Pancasila Purnapaskibraka Indonesia (DPPI).

"Program-program ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, semangat nasionalisme, dan pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda," jelas Lienda.

Kesbangpol Depok tidak bekerja sendiri dalam menjalankan program-program tersebut.  Kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Dinas Pendidikan Kota Depok dan Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Jawa Barat, dilakukan untuk memperkuat dan memperluas jangkauan program penanaman wawasan kebangsaan dan karakter Pancasila.

Lienda menegaskan komitmen Kesbangpol Depok untuk terus berupaya menjangkau lebih banyak generasi muda di Depok melalui berbagai program dan kegiatan yang menarik dan edukatif. Diharapkan dengan upaya berkelanjutan ini, generasi muda Depok dapat tumbuh menjadi individu yang berkarakter Pancasila, berwawasan kebangsaan yang luas, dan siap berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara.

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut