get app
inews
Aa Read Next : Menkominfo Tegaskan Komitmen RI Tingkatkan Ekonomi Digital Secara Merata

Cegah Kecurangan di Era AI, Coursera Bantu Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Fitur-Fitur Terbaru

Kamis, 13 Juni 2024 | 15:00 WIB
header img
Jeff Maggioncalda, CEO Coursera. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Coursera, Inc. (NYSE: COUR), sebuah platform pembelajaran online terkemuka, mengumumkan beberapa fitur baru berbasis AI yang dirancang untuk meningkatkan pembuatan dan penilaian tugas, memperkuat integritas akademik, dan meningkatkan proses pembelajaran dan evaluasi. 

Fitur-fitur ini, AI-Assisted Grading, Proctoring dan Lockdown Browser, serta AI-based Viva Exams, akan membantu kampus menyampaikan pembelajaran yang autentik kepada mahasiswa seraya meningkatkan nilai ujian, kursus, dan sertifikat online.

Kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) di Indonesia berupaya mendorong sistem pendidikan yang lebih progresif, dengan mempromosikan pembelajaran daring untuk menjembatani kesenjangan keterampilan dan meningkatkan kompetensi mahasiswa.

Ketentuan kebijakan ini yang memungkinkan mahasiswa mengumpulkan hingga 40 kredit akademik melalui platform seperti Coursera menjadi sangat penting.

Namun, universitas harus memastikan bahwa pembelajaran daring memenuhi standar ketat untuk kredit akademik.

Sementara Generative AI memperkenalkan risiko baru terkait pelanggaran akademik, teknologi ini juga menawarkan peluang luar biasa bagi universitas untuk meningkatkan integritas akademik secara luas.

"Kami berkomitmen untuk memberdayakan universitas di Indonesia dengan fitur-fitur inovatif yang memenuhi standar integritas akademik tertinggi dalam pembelajaran daring. Dengan demikian, kami memastikan mahasiswa menerima pendidikan yang autentik, terverifikasi, dan kredibel di mata perusahaan dan pemberi kerja," kata Jeff Maggioncalda, CEO Coursera. 

"Dengan menjadikan Indonesia sebagai pasar utama untuk peluncuran ini, kami berupaya untuk mendukung pencapaian visi Indonesia meningkatkan pendidikan daring yang berkualitas sekaligus menjadikan keterampilan digital dan AI lebih mudah diakses oleh semua orang,” tambahnya.

Fitur-fitur baru yang diluncurkan oleh Coursera meliputi:

Pembuatan dan Klasifikasi Penilaian:

AI Assessment Generator - Fitur yang membantu pengajar untuk menghemat waktu dengan membuat berbagai soal matematika, uraian, dan pilihan ganda yang relevan dengan materi kursus serta dapat diintegrasikan ke dalam tugas dengan mudah.

Question Banks and Variants - Fitur yang menyediakan beragam pertanyaan untuk meningkatkan kualitas ujian, sehingga ujian menjadi lebih sulit untuk diprediksi dan mempermudah proses penyusunan soal.

AI-Assisted Grading - Fitur ini mendukung proses penilaian dengan memberikan rekomendasi skor dan umpan balik berdasarkan analisis tugas. Terlepas dari itu, fitur ini berfungsi sebagai alat bantu, sementara keputusan akhir tetap ada pada guru.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut