get app
inews
Aa Read Next : Pemuda di Kelurahan Mekarjaya Juara Adujak dan Adupik Tingkat Kecamatan Sukmajaya

Sampah Kota Depok akan Dibuang ke Lulut Nambo Bogor

Rabu, 12 Juni 2024 | 09:57 WIB
header img
Foto ilustrasi Sampah: Ist

DEPOK, iNews Depok.id - Pemerintah Kota Depok tengah mengupayakan solusi jangka panjang. Salah satu langkah yang direncanakan adalah mengalihkan pembuangan sampah ke Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo di Kabupaten Bogor.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, rencana tersebut diproyeksikan akan terealisasi pada tahun 2025 mendatang.

Dadan Ardan Kurniawan, Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pemkot Depok, menyampaikan bahwa pihaknya telah mendapatkan kabar terkait operasional TPPAS Lulut Nambo. Awalnya, fasilitas tersebut akan memiliki kapasitas pembuangan sampah sebesar 50 ton. Namun, kapasitas tersebut akan ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai 100 ton, bahkan hingga 500 ton.

"Mudah-mudahan Kota Depok di 2025 sudah bisa buang ke Nambo. Ada kemungkinan juga 2024 sudah bisa buang misalkan di Nambo sudah siap," ungkap Dadan Ardan Kurniawan.

Lebih lanjut, Ardan menjelaskan bahwa pembuangan sampah dari Kota Depok ke TPPAS Lulut Nambo akan dikenakan biaya sebesar Rp125 ribu per ton. Biaya tersebut merupakan ketentuan yang ditetapkan oleh Provinsi Jawa Barat.

"Provinsi Jawa Barat yang berwenang untuk mengatur masalah TPPAS Nambo," terangnya.

Sementara itu, sambil menunggu kepastian mengenai pembuangan sampah ke TPPAS Lulut Nambo, Pemerintah Kota Depok juga tengah mengejar progress pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Cipayung. Fasilitas ini nantinya akan memproses sampah dengan menggunakan mesin Refuse Derived Fuel (RDF).

"Progres untuk TPST Cipayung yang kapasitas 300 ton, sekarang lagi proses lelang di Kementerian PUPR," tambah Ardan.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut