get app
inews
Aa Read Next : Jabatan Berakhir, Ridwan Kamil dan Bima Arya Pamitan di Bogor Street Festival Cap Go Meh 2023

Monumen Dua Sayap Jadi Spot Paling Ikonik di Pantai Sayang Heulang Garut

Senin, 21 Februari 2022 | 16:34 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat berfoto di spot paling ikonik di Pantai Sayang Heulang Garut berupa monumen dua sayap. Foto: Humas Jabar

GARUT, iNews.id - Pantai Sayang Heulang di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut saat ini memiliki spot baru yang paling ikonik, yakni monumen dua sayap elang, sesuai nama pantainya.

Spot ini sering dijadikan titik swafoto para wisawatan yang berkunjung ke kawasan wisata pantai di Garut selatan ini.  

Pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 3,5 kilometer ini saat ini menjadi lebih cantik dan Instagramable karena adanya beberapa spot baru yang lebih tertata.

BACA JUGA:

Saat Kecil Dihina Miskin, Kini Bos Garudafood Punya Harta Rp14,2 Triliun

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp14 miliar untuk menata wisata Pantai Sayang Heulang ini.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan hal tersebut saat meresmikan penataan obyek wisata Pantai Sayang Heulang tersebut, pada Minggu (20/2/2022).

“Saya sengaja meresmikannya sore, berharap sambil melihat terbenamnya matahari, karena pantai itu biasanya dinikmati saat pagi dan sore,” ucap Ridwan Kamil, yang akrab disapa Kang Emil.

Lebih lanjut Kang Emil mengatakan, dari beberapa spot baru yang lebih tertata dan mampu menyedot animo wisatawan.

BACA JUGA:

Laura Basuki Raih Penghargaan Silver Bear sebagai Pemeran Pendukung Terbaik di Berlin

Selain spot ikonik, pantai ini juga dilengkapi dengan belasan gazebo yang berjajar menghadap langsung Samudera Hindia,

Jalur pedestrian yang nyaman juga membentang di sepanjang garis pantai. Terdapat pula spot jembatan, menara pandang, hingga area kuliner di bibir pantai.

"Semoga penataan ini diterima oleh semua warga, khususnya Garut," katanya.

Beberapa hari sebelum penataan Pantai Sayang Heulang diresmikan, Gubernur Ridwan Kamil sempat mengunggah video wajah baru Sayang Heulang di media sosialnya.

Unggahan tersebut mendapat respons positif dari warganet yang tak menyangka Pantai Sayang Heulang menjadi lebih indah dan nyaman.

"Kemarin saya posting ramai dan viral, yang komentar ribuan orang karena tidak menyangka Sayang Heulang jadi destinasi yang keren dan nyaman," ungkapnya.

Selain itu, Pemprov Jabar rencananya juga akan menggelontorkan Rp3 miliar untuk memperbaiki jalan di area masuk pantai karena ada beberapa titik yang masih rusak.

"Nanti jalan yang masih rusak di area dalamnya harus segera kita perbaiki. Kalau bisa pakai di anggaran perubahan 2022, sekitar Rp2 miliar sampai Rp3 miliar, saya kira bisa lelangnya cepat. Jadi ke depannya akan lebih nyaman," ujar Kang Emil.

Penataan Pantai Sayang Heulang merupakan komitmen Gunernur agar ekonomi di sektor pariwisata meningkat. Tak hanya di Pantai Sayang Heulang, sejumlah obyek wisata lainnya di Jabar juga diperbaiki secara bertahap.

"Dulu waktu ke sini saya bilang alam Garut selatan itu indah karena itu satu per satu harus "dikeureuyeuh: atau diperbaiki. Hari ini bertahap sudah mulai terlihat termasuk di daerah lainnya," pungkasnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut