get app
inews
Aa Read Next : Selimut Misteri PPDB Kota Depok Jalur Prestasi

Lembaga Survei Voters Edukasi Peneliti Cilik dengan Literasi Numerasi di SD Pemuda Bangsa Depok

Jum'at, 31 Mei 2024 | 13:37 WIB
header img
Lembaga Survei Voters mengedukasi peneliti cilik dengan literasi numerasi di SD Pemuda Bangsa, Cilodong, Depok, Jumat (31/5/2024) pagi. Foto: Ist

DEPOK, iNews Depok.id - Lembaga Survei Voters mengedukasi peneliti cilik dengan literasi numerasi di SD Pemuda Bangsa, Cilodong, Depok, Jumat (31/5/2024) pagi. Literasi Numerasi dengan tema 'Bangga Menjadi Peneliti Cilik' didukung Susu Zee dan Kacang Dua Kelinci.

Pemateri seminar Literasi Numerasi, Thomas Djunianto, S.Pd menjelaskan pada era kemajuan teknologi informasi saat ini, literasi numerasi merupakan kebutuhan penting bagi peserta didik.

Kegiatan literasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan menyampaikan ide melalui informasi yang didapat. 

"Selain literasi, numerasi pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengolah data, menganalisa data, serta menampilkan data," kata Thomas.

Thomas menilai beragam kegiatan literasi numerasi memberikan banyak manfaat bagi peserta didik. Manfaat tersebut terkait dengan mata pelajaran matematika yang mereka dapatkan di sekolah. 

"Melalui kegiatan literasi numerasi, peserta didik belajar menerapkan ilmu yang didapat di sekolah dalam kehidupan sehari-hari, seperti berpikir kritis dalam menerima informasi, berkemampuan analitis terhadap simbol-simbol angka maupun data. Dengan demikian, pelatihan literasi numerasi bagi peserta didik perlu untuk diselenggarakan agar peserta didik memperoleh manfaat dari kegiatan literasi numerasi dan bisa diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari," ujarnya.

Thomas menjelaskan kegiatan Edukasi Literasi Numerasi dihelat di Aula SD Pemuda Bangsa diikuti puluhan peserta didik dan antusiasnya cukup luar biasa 

Pada akhir sesi, peserta didik diberikan tantangan oleh Thomas selaku narasumber, berupa melakukan survei tentang olahraga favorit siswa, kemudian data tersebut digunakan sebagai acuan informasi untuk pembuatan tabel data dan grafik dengan menggunakan aplikasi Canva. 

"Dari keseluruhan peserta yang belajar sambil mengasah kemampuannya dalam menggunakan aplikasi Canva, terpilihlah 3 siswa dengan karya tabel dan grafik terbaik yaitu Ayra Syifania Putri, Qianna Maysha Shabira, dan Farrel Arieno Vidyantoro," ucapnya.

Sementara itu, Kepala SD Pemuda Bangsa, Rosalina S.Sos berpendapat kegiatan ini sangat bagus dan perlu diadakan secara berkelanjutan guna meningkatkan literasi numerasi peserta didik, beliau juga menyampaikan harapannya bahwa sekolahnya bisa menjadi pelopor munculnya bibit unggul peneliti-peneliti cilik yang memiliki budi pekerti dan karakter unggul yang bernalar kritis, kreatif, melek teknologi dan mampu berkomunikasi menyampaikan karyanya dengan baik.

"Kemampuan tersebut diperlukan bagi peserta didik saat ini di tengah kemajuan zaman yang berlangsung dengan begitu cepat," ujar Rosalina.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut