get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Produksi Pangan Nasional, Kementan Perkuat Petani Millenial di Sumsel

Jokowi: Produksi Panen Jagung di Sumbawa Meningkat

Minggu, 05 Mei 2024 | 11:01 WIB
header img
Jokowi. Foto: Ig @Jokowi

JAKARTA, iNews Depok.id - Presiden Joko Widodo akan menstabilkan harga dengan penguatan industri saat kunjungan kerjanya di Nusa Tenggara Barat Sumbawa, Kamis (2/5).

Jokowi merespon keluhan masyarakat terkait panen yang melibihi over supply dan harga yang anjlok. Jokowi menyebut yang semula jagung senilai Rp 7 ribu per kilogram kini menjadi Rp 4 ribu bahkan ada yang mencapai Rp 3 ribu.

"Ini panen besar di Sumbawa, di Dompu semuanya panen sehingga terjadi over supply, harga yang sebetulnya Rp7.000 sekarang menjadi Rp4.200," terangnya.

Jokowi menyatakan bahwa kestabilan harga jagung bisa dipertahankan jika melalui pemanfaatan lahan industri yang ada, seperti pakan ternak, minyak jagung, dan industri lainnya.

Sebelumnya, Jokowi melakukan peninjaun harga bahan pokok yang turun bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Mereka mendapat bawang putih dan bawang merah kini mulai Rp 40 ribu per kilogram, cabai Rp 50 ribu.

Presiden Jokowi menyampaikan kepada masyrakat agar semua harga bahan pokok jangan sampai turun, karena dapat berdampak bagi penurunan ekonomi.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut